Dua Posyandu Mewakili Kabupaten Bekasi Dalam Lomba Posyandu Tingkat Jabar

Dua Posyandu Mewakili Kabupaten Bekasi Dalam Lomba Posyandu Tingkat Jabar

Kabid Kelembagan Pemeberdayaan Masyarakat dan Desa, Try Handayani --

CIKARANG PUSAT - Pemerintah Daerah (Pemda) Bekasi melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) telah menyelesaikan perlombaan posyandu tingkat Kabupaten Bekasi Tahun 2023.

Lomba posyandu tingkat kabupaten ini diikuti 23 posyandu yang ada di kabupaten bekasi, rinciannya posyandu kategori perkotaan ada 11 posyandu dan posyandu kategori pedesaan ada 12 posyandu. 

Dari 23 posyandu yang menjadi juara pertama kategori posyandu perkotaan yaitu Posyandu Nusa Indah VIII Desa Sukadami, Cikarang Selatan sedangkan juara satu kategori posyandu pedesaan yaitu Posyandu Amarilis II, Desa Karanghaur, Pebayuran.

Kepala Bidang Kelembagaan Pemberdayaan dan Desa pada DPMD Kabupaten Bekasi, Try Handayani mengatakan, posyandu yang menjadi juara di tingkat kabupaten baik itu kategori posyandu perkotaan maupun pedesaan berhak mewakili kabupaten bekasi dalam lomba posyandu tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2024. 

Dipilihnya posyandu Nusa Indah VIII Desa Sukadamai sebagai juara pertama kategori posyandu perkotaan dan Posyandu pedesaan Amarilis II Desa Karanghaur sebab sudah memenuhi syarat, yaitu pokjanal kecamatan dan pokja posyandu desa sudah terintegrasi. 

" Artinya di pokjanal nya sudah bagus dan di pokaja posyandu desanya juga bagus. Terus untuk di posyandu nya sendiri itu ada keterlibatan CSR, terus secara administrasinya juga sudah bagus," terangnya.

Ia menjelaskan, lomba posyandu tahun ini lebih menonjolkan soal kelembagaan posyandu, sebab posyandu ini bisa lebih maju, lebih berkembang dengan adanya pokjanal kecamatan dan pokja posyandu desa yang terintegrasi.

" Karena kalau pokjanal kecamatan, pokja posyandu desa saling berkolaborasi dan saling bersinergi ke pokja posyandu, kegiatan posyandu itu akan lebih terintegrasi dan terprogram pelaksanaannya," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sukadami, H.M Kunang mengapresiasi kinerja para pengurus Posyandu Nusa Indah VIII yang sudah membawa Posyandu tersebut menjadi juara tingkat Kabupaten Bekasi.

" Saya sangat mengapresiasi dan terima kasih kepada pihak-pihak yang turut membantu dan mensuport, baik dari Puskesmas, Kecamatan sebagai Pokjanal dan juga ketua pokja posyandu desa sukadami yang diketuai sekretaris desa," kata Abah Kunang panggilan akrabnya, Sabtu (19/8), kemarin.

Ia menambahkan, adapun untuk persiapan lomba posyandu tingkat Provinsi Jawa Barat tentunya Pemerintah Desa Sukadami akan mengikuti arahan dari Pemerintah Daerah.

" Nanti mekanisme dan prosedur nya seperti apa?, Sayat-sayat apa?, Atau indikator apa? dan apa yang harus dipenuhi dan Insya Allah kita akan menyiapkan sesuai arahan pemerintah daerah," ujarnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Puskesmas Sukadami, dr Adi Pranaya mengatakan, Posyandu Nusa Indah VIII ini harus mempersiapkan segala sesuatunya sesuai arahan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi, dalam menghadapi lomba posyandu tingkat Provinsi Jawa Barat.

 " Tentu saja persiapan yang pertama adalah sesuai arahan dari DPMD adalah memperkuat pokja posyandu desa dan pokjanal kecamatan. Karena bagaimanapun, sebaik-baiknya kinerja kader posyandu kalau tidak didukung oleh baiknya laporan dari pokja posyandu desa dan kecamatan tetap tidak akan maksimal. Oleh karenanya pokja posyandu desa dan pokjanal Kecamatan lebih optimal dalam hal kegiatannya," terangnya. (mil)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: