Menteri ATR/BPN Resmikan Loket Pelayanan Berbasis Digital di BPN Kabupaten Bekasi

Menteri ATR/BPN Resmikan Loket Pelayanan Berbasis Digital di BPN Kabupaten Bekasi

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto meresmikan loket pelayanan pertanahan digital --

KARAWANGBEKASI. DISWAY.ID - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto meresmikan loket pelayanan pertanahan digital di kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bekasi, Cikarang Selatan, Rabu (13/9).
 
" Menurut saya ini modern, tujuannya adalah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan saya juga minta pelayanan kepada masyarakat ini dipermudah dan masyarakat di bekasi ini menerima pelayanan yang baik dengan suasana yang sejuk, nyaman, pegawainya juga murah senyum," kata Hadi dalam sambutannya.
 
Menurutnya, dengan pembangunan yang sudah disaksikan, pelayanan untuk masyarakat termasuk masyarakat yang tidak bisa menerima pelayanan di hari kerja mulai dari hari senin hingga jumat untuk itu diberikan layanan pada hari sabtu dan minggu. 
 
" Tidak seperti jaman-jaman dulu kalau masyarakat dengar mau masuk ke kantor pertanahan ketakutan tapi sekarang harus dibalik justru masyarakat kerasan di kantor pertanahan," ujarnya.
 
Sementara itu, Kepala BPN Kabupaten Bekasi, Darman Satia Halomoan Simanjuntak mengatakan, loket pelayanan pertanahan digital ini akan melayani 7 skala prioritas berdasarkan keputusan dari menteri, seperti royan, hak tanggungan, Surat Pendaftaran Keterangan Tanah (SPKT), pengecekan sertifikat, pengalihan hak tempat tinggal dan pelayanan pendaftaran Sertifikat Hak Milik (SKH)
 
" Jadi ini 7 layanan itu dikategorikan skala prioritas karena itu mewakili kurang lebih 70 persen layanan dan di kabupaten bekasi setelah diluncurkannya itu tiga bulan terakhir selalu mendapatkan predikat 100 persen selesai. karena kita sudah membuat metode lampion (layanan mandiri pintar online untuk orang-orang sudah melek teknologi,melek internet) dan aplikasi-aplikasi yang memudahkan masyarakat," terang dia.
 
Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengapresiasi pelayanan pertanahan yang serba digital ini. Menurutnya dari tahun ketahun BPN ini selalu ada inovasinya, baik dari sisi layanan manual maupun digital seperti lokat yang nyaman.
 
" Saya kira ini bisa menjadi inspirasi juga di instansi terutama pemerintah daerah bisa mengikuti inovasi ini," kata dani.(mil) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: