Disdik Jabar Lepas 35 kontingen Untuk Berkompetisi pada O2SN 2023

Disdik Jabar Lepas 35 kontingen Untuk Berkompetisi pada O2SN 2023

Disdik Jabar Lepas 35 kontingen Untuk Berkompetisi pada O2SN 2023.(Foto:Okky firmansyah/Disway.id)--

Jabar, Disway.id- Sebanyak 35 kontingen jenjang SD dan SMP Provinsi Jawa Barat (Jabar) akan berjuang membawa Jabar di kancah nasional dalam ajang O2SN tahun 2023.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Wahyu Mijaya melepas seluruh kontingen untuk berlaga di tingkat nasional pada apel pagi di Kantor Disdik Jabar, Kota Bandung, Senin (18/9/2023).

Kadisdik pun berpesan kepada seluruh kontingen untuk meminta doa kepada orang tua serta bimbingan guru-guru dan Pembina agar mendapatkan hasil terbaik dan membawa jabar juara di ajang O2SN.

BACA JUGA:Disdik Jabar Terima Dua Mobil stargazer dari PT Hyundai untuk Kompetensi Keahlian TKRO

"Hari ini, Adik-adik sudah menjadi yang terbaik di Provinsi Jawa Barat. Selangkah lagi, Adik-adik akan ikut dalam ajang nasional dan kalian mempunyai kesempatan untuk membuktikan bahwa kalian adalah yang terbaik di tingkat nasional," tutur Kadisdik.

Oleh karena itu, Wahyu Mijaya Kadisdik jabar mendorong seluruh kontingen untuk tetap berupaya, berjuang, dan bersemangat mendapatkan hasil yang terbaik.

"Apapun hasil yang akan kita dapat, tetaplah bersemangat mendapatkan yang terbaik. Jangan melihat lawan tanding kalian yang lebih besar, lebih kuat, dan lebih banyak kelebihan, yakinlah kalian bisa menjadi yang terbaik. Yakinlah Adik-adik bisa menjadi pemenang," ujar Wahyu Mijaya.

BACA JUGA:Disdik Jabar jadikan SMKN 1 Mundu sebagai penunjang Konsep Kota Rebana


Sekretrais dinas Pendidikan jawa barat Yesa Sarwedi menjelaskan O2SN merupakan bentuk implementasi dari pengembangan pembinaan olahraga jangka panjang.

“Ini langkah konkret, kolaborasi, dan kontribusi Disdik Jabar untuk mendukung Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) sesuai amanat Presiden dalam memperbaiki tata kelola, khususnya ekosistem pembinaan olah raga di Indonesia,” kata Yesa.

BACA JUGA:Disdik Jabar optimalkan Sekolah Ramah Anak cegah perundungan siswa


--
Untuk jenjang SD terdapat enam cabang olah raga yang dipertandingkan pada O2SN 2023 yakni senam, atletik, bulutangkis, renang, karate, dan pencak silat. Untuk SMP, SMA, dan SMK terdapat cabang olah raga atletik, bulutangkis, renang, karate, dan pencak silat. Sedangkan untuk PDBK ada catur, tenis meja, bocce, atletik, dan bulutangkis.

O2SN PDBK dilaksanakan mulai 10 sampai 15 September 2023, pendidikan menengah pada 10 sampai 16 September 2023, dan pendidikan dasar pada 18 sampai 24 September 2023.

Salah satu peserta O2SN yaitu siswi SMp Negeri 3 Bandung Muhammad Nazriel Irham mengaku bangga karena bisa menyalurkan keahlian renang yang sudah dilakukannya sejak SD pada kejuaraan tingkat kabupaten, SMP pada tingkat provinsi, dan kini tingkat nasional saat SMA.

“Mudah-mudahan dengan pengalaman ini saya bisa menginspirasi adik-adik, khususnya di Provinsi Papua Selatan, karena bagi provinsi kami ini yang pertama,” ujar Nazriel.

BACA JUGA:Disdik Jabar Gelar Ekspo Education Sebagai Ruang Unjuk Karya Siswa SLB

Senada dengan Nazriel , perasaan senang dan bangga juga disampaikan oleh calon atlet berkebutuhan khusus, Muhammad Bintang Ramadhan, dari SLB YPAC Bandung, karena bisa memberikan inspirasi bagi siswa-siswi berkebutuhan khusus lainnya.

“Semoga saya bisa menginspirasi teman-teman yang berkebutuhan khusus untuk tetap semangat dan juga berprestasi,” kata Bintang. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: