Dosen Unsika Dampingi Pelaku UMKM Desa Tegallega di Bidang Pemasaran

Dosen Unsika Dampingi Pelaku UMKM Desa Tegallega di Bidang Pemasaran

-Istimewa-

KARAWANG- Satu dari tiga bentuk implementasi Tridharma adalah pengabdian kepada masyarakat. Dosen Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) terjun ke lapangan melakukan kegiatan pendampingan UMKM terkait pemasaran produk di Desa Tegallega, Kecamat Ciampel.

 

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di Aula Desa lama atau yang sekarang digunakan sebagai Aula Bumdes Tegallega dengan pemateri tim dosen dari Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) yang diketuai oleh Dr. Hartelina, S.E., M.Si.  

 

Kegiatan ini dilaksanakan melalui kolaborasi tim dosen, tim mahasiswa, patriot desa, dan UMKM yang ada di Desa Tegallega ini dibuka dengan adanya sambutan dan arahan dari Kepala Desa Tegallega.

 

Target besar dari pendmapingan ini adalah ketika tiba waktunya Desa Tegallega memiliki pasar desa, para pelaku UMKM sudah siap untuk memasarkan produknya baik secara konvensional maupun digital.

 

Itulah sebabnya, di awal sesi materi telah disampaikan oleh Dr. Hartelina, S.E., M.Si. terkait pentingnya peningkatan kompetensi UMKM untuk menyongsong peluang yang ada. Bahkan, Dr. Hartelina, S.E., M.Si juga menceritakan kisah-kisah sukses para pelaku UMKM baik yang ada di bawah binaan beliau langsung maupun tidak langsung. 

 

Sesi selanjutnya terkait dengan pemasaran produk UMKM disampaikan oleh Reminta Lumban Batu, S.Pd., M.M. yang merupakan anggota tim pengabdian. Dalam sesi ini disampaikan bagaimana para pelaku UMKM harus berani “berinovasi” dan “bergerak” menjemput setiap peluang yang ada, baik peluang yang disediakan pihak pemerintah maupun swasta.  

 

Dalam penutup kegiatan ini disampaikan bahwa pendampingan akan terus dilaksanakan melalui kolaborasi dengan tim mahasiswa tahap per tahap mulai dari kelengkapan legalitas produk sampai pelaku UMKM siap untuk memasarkan produknya baik secara konvensional maupun digital untuk meraih pasar yang lebih luas. (gma)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: