Jadi Pelopor Koperasi MI Pertama di Karawang, KKMI Karawang Bentuk Koperasi Baru

Jadi Pelopor Koperasi MI Pertama di Karawang, KKMI Karawang Bentuk Koperasi Baru

PEMBENTUKAN KOPERASI: Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) se Kabupaten Karawang membentuk Koperasi KKMI Karya Mukti. -Wahyudi/Karawang Bekasi Ekspres-

KARAWANG- Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) se-Kabupaten Karawang membentuk Koperasi KKMI Karya Mukti. Acara launching Koperasi KKMI Karya Mukti ini digelar di Madrasah Al-I'Anah, Desa Duren, Kecamatan Klari, belum lama ini.

Ketua KKMI Karawang, Ujang Manan menjelaskan, pembentukan koperasi ini adalah salah satu program yang dijalankan oleh KKMI Kabupaten Karawang. “Jadi KKMI ini ada program yang sudah dilaksanakan dan ada yang belum. Yang sudah dilaksanakan orientasi Mabigus, dan hari ini pembentukan koperasi,ujar Ujang saat memberikan sambutan di hadapan ratusan Kepala MI se Kabupaten Karawang.

Sementara, Ketua Koperasi KKMI Karya Mukti, Agus Tarman mengatakan, koperasi ini dibentuk untuk berkontribusi mensejahterakan warga MI terutama swasta yang mayoritas diisi oleh para guru honorer.

BACA JUGA: Siswa Smanet Borong Tiga Emas di Kejurda Pencak Silat Yosilat Championship 2023

"Awalnya kita dari dulu sudah personal untuk memenuhi kebutuhan madrasah. Mengingat perkembangan zaman, maka kita bentuk badan hukum koperasai," ujar Agus ditemui usai acara launching.

Menurut Agus, saat ini ada sebanyak 160 lembaga sekolah yang siap bergabung dengan Koperasi KKMI Karya Mukti dan 1.600 guru yang tersebar di wilayah Karawang. "Kedepan jenis usaha yang akan dikembangkan yaitu menyediakan kebutuhan sekolah dan kerjasama dengan pihak lain agar saling menguntungkan, termasuk membuka cabang-cabang usaha di beberapa wilayah KKM," kata Agus.

Senada juga diungkapkan, Sub Koordinator Pemeriksaan Kepatuhan Koperasi Dinkop UKM Kabupaten Karawang, Yeni Maryani. Menurut Yeni, pembentukan Koperasi KKMI Karya Mukti ini adalah yang pertama di Karawang. "Alhamdulilah kami sangat mendukung karena ini adalah suatu gerakan yang sangat bagus dari MI," ujar Yeni.

BACA JUGA: Ini Daftar Brand Internasional di Summarecon Villaggio Outlets, Potongan Hingga 70 Persen Loh!

Dari koperasi ini, kata Yeni banyak manfaat yang bisa diraakan oleh para anggota. Jumlah anggota yang potensinya bisa mencapai 3.000 oang ini sangat bagus dan bisa menciptakan gerakan perekonomian positif. "Ini adalah pelopor pembentukan koperasi MI di Karawang,” pungkasnya. (wyd/rie)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: