Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari

Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari

ilustrasi gambar--

4. Mengatasi sembelit

Manfaat minum air hangat di pagi hari lainnya adalah mengatasi sembelit. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh kekurangan caian dalam saluran cerna. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh, salah satunya dengan air hangat, dapat melunakkan feses dan membuatnya lebih mudah dikeluarkan.

5. Mengatasi kedinginan

Respons alami tubuh saat mengalami kedinginan adalah menggigil dan menggeretakkan gigi. Nah, minum air hangat di pagi hari dapat mengurangi respons tubuh saat kedinginan setelah bangun tidur, khususnya saat cuaca sedang sangat dingin.

6. Mencegah dehidrasi

Air minum dalam suhu apa pun dapat membantu tubuh tetap terhidrasi, terlebih pada ibu hamil, ibu menyusui, dan orang yang sering beraktivitas di bawah paparan sinar matahari. Oleh karena itu, minumlah air putih setelah bangun tidur di pagi hari agar kebutuhan cairan tubuh tercukupi sebelum memulai aktivitas.

7. Meningkatkan fungsi sistem saraf

Kurang minum air putih bisa berdampak negatif pada sistem saraf yang memengaruhi fungsi otak. Oleh karena itu, minum air putih hangat maupun dingin di pagi hari bisa menunjang kinerja kognitif otak, seperti konsentrasi dan penalaran.

BACA JUGA : Sudah Pernah Ditilang Polisi, Pria yang Pernah Viral Bawa Motor Sambil Rebahan dan Senyam Senyum Berulah Lagi!

8. Menjaga mood

Manfaat minum air hangat atau air putih biasa di pagi hari juga bisa meningkatkan fungsi sistem saraf dalam menjaga suasana hati, sehingga mampu menurunkan rasa cemas maupun stres. Oleh karena itu, penuhi kebutuhan air minum dengan konsumsi air hangat di pagi hari sebelum beraktivitas.

9. Menetralkan racun

Sebuah penelitian menyatakan bahwa memenuhi kebutuhan air putih dapat melindungi ginjal dan mengencerkan racun dalam darah, sehingga lebih mudah dikeluarkan. Dalam penelitian tidak disebutkan suhu air atau waktu minum, tetapi kebiasaan ini dapat diterapkan untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Selain itu, konsumsi air putih hangat di pagi hari juga dapat melawan peradangan, menjaga kesehatan persendian, dan mencegah asam urat.

Untuk menambah nutrisi dan manfaatnya, tambahkan air hangat dengan irisan lemon atau jeruk nipis. Namun, cara ini kurang cocok diterapkan bagi penderita asam lambung. Selain di pagi hari, air hangat juga dapat dikonsumsi sebelum tidur untuk menenangkan diri dan meningkatkan kualitas tidur. (alo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: