Kebakaran di TPA Jalupang, Petugas Damkar : Tumpukan Sampah yang Tinggi Jadi Kendala!

Kebakaran di TPA Jalupang, Petugas Damkar : Tumpukan Sampah yang Tinggi Jadi Kendala!

--

KARAWANG - Petugas pemadam kebakaran (Damkar) Karawang kesulitan memadamkan api akibat tingginya tumpukan sampah di area tempat pembuangan akhir sampah (TPAS) Jalupang, Desa Wancimekar, Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Karawang, Minggu (29/10/2023).

 

"Memang tingginya tumpukan sampah ini menjadi kendala. Saat ini api masih belum padam," ujar Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Karawang Rohmat Ilyas.

 

Rohmat mengatakan, denfab ketinggian tumpukan sampah mencapai kurang lebih sekitar sepuluh meter. Sehingga petugas hanya bisa mengupayakan pemadaman api di permukaan.

 

"Misalnya pada permukaan itu padam. Tetapi bisa saja masih ada api di dalam tumpukan," ungkpnya.

 

BACA JUGA : Sinopsis Bleeding Steel, Bioskop Trans TV 29 Oktober 2023

 

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Karawang, Agus Sanusi mengungkapkan masih belum mengetahui pasti penyebab kebakaran dan kebakaran menyebar di beberapa titik area TPA.

 

"Kami belum ketahui pasti penyebab kebakaran yang menyebar di beberapa titik area TPA," jelasnya.

 

Berita sebelumnya, kebakaran di area tempat pembuangan akhir (TPA) sampah Jalupang, Desa Wancimekar, Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Karawang terjadi pada Sabtu (28/10/2023) siang. Ada dugaan api akibat cuaca panas yang berkepanjangan.

 

Peristiwa terjadi sekitar pukul 12.00 wib, api disertai kepulan asap terus membakar sampah hingga ke depan pintu masuk. Hingga saat ini pemadaman dibantu Damkar dan TNI/Polri.

 

BACA JUGA : Link Nonton The Exorcist: Believer (2023) Sub Indo, Kembalinya Iblis yang Merasuki Anak-anak

 

"Iya benar terjadi kebakaran di TPA Jalupang sekitar pukul 12.00 wib. Saat ini lagi fokus pemadaman. Api diduga akibat cuaca panas," kata Kapolsek Kotabaru, Iptu Suherlan kepada KBE.

 

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Karawang, Wawan Setiawan mengatakan, sekarang dalam penanganan dan pada fokus pemadaman dibantu Damkar dan TNI/Polri. 

 

"Peristiwa kebakaran minimal biasanya satu minggu, karena dibawahnya ada gas methan. Penyebab kebakaran belum diketahui, namun diduga cuaca panas terik," jelasnya.

 

Berdasarkan informasi, Tempat pembuangan akhir (TPA) Jalupang yang terletak di Kelurahan Wancimekar, Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Karawang sudah melebihi kapasitas atau overload.

 

BACA JUGA : 5 Tempat Wisata di Karawang yang Lagi Hits Tahun 2023

 

Gunungan sampah di TPA seluas 10 hektar itu mencapai 15 meter.  (ihm)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: