DPMD Gelar Sosialisasi IDM, Ini Tujuannya

DPMD Gelar Sosialisasi IDM, Ini Tujuannya

--

CIKARANG UTARA - Pemerintah Daerah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi menghelat kegiatan Sosialisasi Indeks Desa Membangun (IDM) untuk meningkatkan ketahanan sosial.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Grand Cikarang ini di hadiri para Kepala Desa se-Kabupaten Bekasi, dan Kasi Pem Kecamatan se Kabupaten Bekasi.

Kepala DPMD Rahmat Atong yang di wakili Kepala Bidang Pengembangan Potensi Desa, Harry Ubayana mengatakan, IDM merupakan potret hasil pengembangan kemandirian desa, implementasi undang-undang desa dengan dukungan Dana Desa (DD) serta pendamping desa. 

BACA JUGA : Rating Diatas 4, Ini 6 Rekomendasi Tempat Makan Sate Terpopuler di Karawang, Yuk Cek Alamatnya Disini

"Kegiatan sosialisasi ini bertujuan mengukur pembangunan desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pendidikan, kesehatan, infrastruktur, transportasi, pelayanan umum, penyelenggaraan pemerintahan dan lain-lain," kata Harry, Rabu (15/11).

Harry mengatakan, pada dasarnya Index desa membangun disusun untuk mendukung upaya pemerintah dalam menangani pengentasan desa tertinggal dan meningkatkan desa mandiri.

"Index desa membangun bisa digunakan sebagai acuan desa melakukan integrasi dan sinergi pembangunan dengan harapan terwujudnya kondisi masyarakat sejahtera dan mandiri," bilangnya.

BACA JUGA : Viral Video Chris Martin Coldplay Lagi Jalan-jalan Nyeker di Jakarta, Netizen : Hati-hati Banyak Kerikil Bang

Lebih jauh Dia menjelaskan, saat ini di Kabupaten Bekasi terdapat 44 desa berstatus desa berkembang, desa maju sebanyak 77 desa dan desa mandiri sebanyak 62 desa.

"Saya berharap dengan adanya kegiatan ini desa-desa agar dapat meningkatkan nilai IDM khususnya pada ketahanan sosial," tandasnya. (mil)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: