Pemkab Bekasi Juara 3 PNS Berprestasi se Jawa Barat, Ini Kategorinya

Pemkab Bekasi Juara 3 PNS Berprestasi se Jawa Barat, Ini Kategorinya

--

KARAWANGBEKASI. DISWAY.ID - Setelah melewati proses yang panjang, akhirnya Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi mendapatkan penghargaan juara 3 pada Ajang Anugerah PNS Berprestasi tingkat Provinsi Jawa Barat yang diselenggarakan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Barat Tahun 2023. 

" Alhamdulilah kemarin pada saat pengumuman Kabupaten Bekasi mendapatkan juara 3 kategori inovatif atas nama dr Erni Herdiani Direktur RSUD Cabangbungin dengan Inovasi Rumah Sakit Berorientasi Pelayanan (Rusa Berlian)," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bekasi, Endin Samsudin, Selasa (28/11).

Endin menjelaskan, Tiga kategori yang dinilai yakni, Kategori inovatif 8 peserta yang lolos kabupaten bekasi juara 3, Kategori inspiratif 6 peserta yang lolos kemudian Kategori The Future Leader 4 orang. Dari kategori 2 dan 3 belum ada wakil dari Kabupaten Bekasi.

" Tahun depan diharapkan dari 3 kategori ada perwakilan kabupaten bekasi dan menjadi juara satu semua, dirut RSUD semoga menjadi motivasi buat ASN yang lain untuk berprestasi di tingkat Provinsi Jabar untuk ASN berprestasi," bilangnya.

Kedepannya, pemerintah daerah akan memberikan reward kepada PNS yang berprestasi, apakah bentuk trofi atau uang. Hal ini juga sudah disampaikan ke DPRD Kabupaten Bekasi melalui Banggar.

Sementara itu, dr Erni Herdiani Direktur RSUD Cabangbungin mengaku sangat bersyukur atas Anugerah PNS Berprestasi yang diraih olehnya. Bagi RSUD Cabangbungin ini adalah yang pertama. Untuk Kabupaten Bekasi juga ini yang pertama.

" Alhamdulillah bersyukur kepada Allah SWT dan bahagia bisa membawa Kabupaten Bekasi menjadi juara. Karena kompetitornya hebat-hebat dan berat dari seluruh Kabupaten Kota se Jawa Barat, " kata dr Erni.

Ia mengatakan, PNS Berprestasi kategori inovatif itu adalah PNS yang mempunyai inovasi dengan daya ungkit signifikan dan bermanfaat untuk masyarakat sesuai dimana tempat ia bekerja. Inovasi nya dijadikan sebagai solusi meningkatkan kinerja dan performa pelayanan.

" Keberhasilan ini berkat dukungan dari pihak dari Bapak Bupati, Kepala BKPSDM yang sebelumnya pak Abdillah Majid dan yang sekarang pak Endin Samsudin beserta Tim. Kepala Dinas Kesehatan dan Pak Sekdis, dan seluruh Tim di RSUD Cabangbungin. Dan juga peran Dinas Instansi lainnya pun sangat signifikan diantaranya Diskominfo, Balitbangda, Bappeda, Bapenda, BPKD, DPPKB, Organisasi Profesi, FKTP Puskesmas, Kecamatan dan Desa dan tokoh agama dan tokoh masyarakat disini. Termasuk juga BPJS Kesehatan," tuturnya.

Erni menjelaskan, Inovasi Rusa adalah Inovasi Rusa Berlian super inovasi yang terdiri dari 14 inovasi baik di manajemen maupun pelayanan dan penunjang dengan tujuan mempercepat, memperbaiki dan meningkatkan mutu layanan dan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan rujukan.

" Aspek yang dinilai adalah signifikansi, kebermanfaatan, Originalitas, Konsistensi dan dampak inovasi serta continuous improvement. Jadi inovasi bukan sekedar singkatan nama saja tapi juga bermakna, ada indikator yang dinilai, ada monitoring dan evaluasi ada manfaatnya. Data sebelum dan sesudah inovasi sangat penting untuk disajikan,"pungkasnya. 

Dirinya berharap di tahun berikutnya akan banyak PNS Berprestasi dari kabupaten Bekasi lainnya yang lebih baik lagi. Sehingga semakin dapat melayani masyarakat dengan lebih baik lagi dan 'Makin Berani'. (mil)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: