Pembangunan Lingkar Utara Kota Tasikmalaya Akan Terkoneksi dengan Jalan Nasional

Pembangunan Lingkar Utara Kota Tasikmalaya Akan Terkoneksi dengan Jalan Nasional

Jalan Lingkar Utara Kota Tasikmalaya Akan Terhubung Jalan Nasional Akhir 2023, Akses Exit Tol Getaci. Foto: Google Maps--

Jabar, Disway.id-Pemerintahan Presiden Joko Widodo terus berupaya meningkatkan konektivitas jalan daerah untuk memberikan manfaat maksimal dalam mendorong perekonomian nasional maupun daerah, menurunkan biaya logistik nasional, menghubungkan dan mengintegrasikan dengan sentra-sentra ekonomi, dan membantu pemerataan kondisi jalan yang mantap.

Dalan rangka percepatan peningkatan konektivitas jalan daerah ini, pemerintah telah mengeluarkan Instruksi Presiden 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah. 

Instruksi Presiden 3 Tahun 2023 menugaskan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk melaksanakan kegiatan pembangunan jalan daerah yang terhubung dan terintegrasi, utamanya untuk mendukung produktivitas kawasan industri, kawasan pariwisata, kawasan perkebunan, kawasan pertanian, dan kawasan produktif lainnya.

BACA JUGA:Rara Si Pawang Hujan Mandalika Beraksi di Cikampek, Coba Usir Hujan Agar Proyek Jalan Tol Lancar

Salah satu Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah yang dilaksanakan Kementerian PUPR di Provinsi Jawa Barat pada tahun 2023 adalah Pembangunan Jalan Lingkar Utara Kota Tasikmalaya.

Pelaksanaan Pembangunan Jalan Lingkar Utara Kota Tasikmalaya ini berada di bawah PPK 4.4 Provinsi Jawa Barat, Satuan Kerja (Satker) Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah IV Provinsi Jawa Barat, Balai Besar PJN DKI Jakarta – Jawa Barat.

PPK 4.4 Provinsi Jawa Barat M.R. Chandra, S.T., M.Sc.  menjelaskan, pada tahun 2023, Jalan Lingkar Utara Kota Tasikmalaya mendapatkan porsi penanganan jalan daerah sesuai Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2023 sepanjang 1,62 km.

BACA JUGA:Pembangunan Jalan Tol Akses Patimban Dimulai, Memiliki Total Panjang 37,05 Km

“Pada akhir tahun 2023 diharapkan Jalan Lingkar Utara Kota Tasikmalaya dapat terkoneksi seluruhnya dengan jalan nasional,” kata Chandra kepada Infoinfrastruktur.com, Kamis (05/10/2023).

Dijelaskan Chandra, Pembangunan Jalan Lingkar Utara Kota Tasikmalaya saat ini telah mencapai progress 15,08%. “Jalan Lingkar Utara Kota Tasikmalaya dibangun dengan konstruksi Lapis Perkerasan Fleksibel (Aspal) dan penataan saluran drainase menggunakan U-Ditch,” ungkapnya.

PPK 4.4 Provinsi Jawa Barat menargetkan seluruh pekerjaan Pembangunan Jalan Lingkar Utara Kota Tasikmalaya akan rampung pada akhir Desember 2023 sehingga diharapkan dapat mengurangi kepadatan arus lalu lintas dari arah selatan Jawa Barat dan mempercepat konektivitas antardaerah.

BACA JUGA:Kang Emil Ajak Masyarakat dan Media Awasi Proses Pembangunan Jalan Tambang di Parung Panjang

Jalan Lingkar Utara Kota Tasikmalaya merupakan ruas jalan yang bertujuan mengurangi kemacetan di pusat Kota Tasikmalaya dan sebagai calon akses exit tol Getaci dengan panjang 3,81 km.

Sebelumnya pada tahun 2022 Kementerian PUPR melalui Satker PJN Wilayah IV  Jawa Barat telah membantu Pembangunan Jembatan Ciloseh di ruas Jalan Lingkar Utara Kota Tasikmalaya beserta jalan aksesnya sepanjang 647 meter.    

Di tahun yang sama, Jalan Lingkar Utara Kota Tasikmalaya juga sudah dikerjakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat sepanjang 1,542 Km.***

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: