Lestarikan Budaya, Mahasiswa dan Dosen PGSD Universitas Pelita Bangsa Kenakan Baju Adat

Lestarikan Budaya, Mahasiswa dan Dosen PGSD Universitas Pelita Bangsa Kenakan Baju Adat

Lestarikan Budaya, Mahasiswa dan Dosen PGSD Universitas Pelita Bangsa Kenakan Baju Adat--

Dalam rangka melestarikan budaya, mahasiswa dan dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Humaniora Universitas Pelita Bangsa kenakam baju adat daerah Jawa Barat.

 

 

Indonesia sebagai negara yang kaya akan budaya. Adat istiadat, suku, ras, dan agama. Beribu pulau juga membuat Indonesia kuat dengan keanekaragaman budaya yang dimiliki. Seiring berkembangnya zaman, kemajuan teknologi dan informasi, banyak generasi muda yang lebih menyukai gaya berpakaian seperti orang Barat. 

 

Nah, bagaimana sih agar kebudayaan di Indonesia tetap lestari? Salah satu contohnya yaitu seperti di Universitas Pelita Bangsa, Setiap hari rabu mahasiswa PGSD kelas reguler dan hari Sabtu untuk mahasiswa PGSD kelas Weekend diwajibkan untuk mengenakan pakaian adat tradisional Jawa Barat. 

 

Mahasiswa perempuan memakai kebaya tradisional dan kain batik sedangkan untuk mahasiswa laki -laki memakai baju pangsi. Tidak hanya mahasiswanya saja loh, dosen di PGSD ini juga ikut berpartisipasi mengenakan pakaian adat setiap hari Sabtu. Pemakaian baju adat ini juga dipakai pada kegiatan atau acara tertentu yang dilaksanakan oleh PGSD. 

 

Tujuan dari pemakaian busana adat ini tidak lain untuk melestarikan budaya yang turun-temurun dari nenek moyang kita, menjadi mahasiswa yang tidak hanya berprestasi di bidang akademik namun juga ikut serta dalam pelestarian kebudayaan di Indonesia khususnya kebudayaan di Jawa Barat. Selain itu dapat menumbuhkan nasionalisme dan menjadi ciri khas atau keunikan mahasiswa PGSD di Universitas Pelita Bangsa. 

 


Nani Sa’idatul Maulida NIM: 132310013 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan dan Humaniora Universitas Pelita Bangsa --

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: