Bunda, Simak Nih Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Anak di Era Digital

Bunda, Simak Nih Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Anak di Era Digital

Bunda, Simak Nih Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Anak di Era Digital--

Oleh: Widya Qothrunnada

NIM 132310046

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Ilmu Pendidikan dan Humaniora

Universitas Pelita Bangsa

 

Karakter pada Pendidikan anak Sekolah Dasar di era digital sangat penting untuk membantu mereka mengembangkan nilai-nilai moral, etika, dan kepribadian yang kuat. Ini membantu melawan dampak negatif teknologi dengan memastikan bahwa anak-anak tidak hanya memiliki keterampilan teknologi, tetapi juga integritas, empati, dan kemampuan berpikir kritis untuk menghadapi tantangan dunia digital.

 

Pendidikan karakter merupakan upaya penanaman nilai-nilai agama, moral, dan etika pada diri siswa orang tua, guru dan Masyarakat memberikan ilmu yang sangat penting bagi pembentukan dan perkembangannya, pengembangan karakter siswa setiap anak mempunyai peluang yang baik sejak lahir, namun potensi tersebut harus ada cukup dilakukan pembenahan dan sosialisasi agar karakter setiap anak terbentuk dan berkembang secara optimal. 

 

Di era digital ini, anak-anak dapat dengan mudah mengakses media digital. Bukan hanya di era digital mempunyai dampak positif, namun ada juga dampak negatifnya, menjadi tanggung jawab guru, orang tua dan lain-lain. masyarakat dewasa memandu dan mengontrol apa yang dilakukan anak-anak dengan media digital mereka,agar anak-anak dapat memanfaatkan media digital dan mendapatkan manfaat yang baik untuknya dirinya dan hidupnya.

 

Pendidikan karakter di era digital era teknologi ini menjadikan anak-anak sangat pasif dan jarang berpartisipasi berkomunikasi dalam keluarga dan masyarakat. Kebanyakan anak-anak zaman sekarang lebih fokus memperhatikan layar di depan matanya dari pada bermain dengan teman sebayanya. Jadi tidak jarang anak-anak kehilangan waktu berharga bersama keluarga untuk bermain, belajar, berkembang bakat atau bermain bersama teman karena perhatiannya tertuju pada layar ponsel atau teknologi yang ada. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: