Ingat Ini, Pentingnya Membangun Jembatan Menuju Masa Depan Pendidikan

Ingat Ini, Pentingnya Membangun Jembatan Menuju Masa Depan Pendidikan

Ingat Ini, Pentingnya Membangun Jembatan Menuju Masa Depan Pendidikan--

Oleh: Anjeni Fatiha Galuh Keswani 

NIM 132310071 

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 

Fakultas Ilmu Pendidikan dan Humaniora 

Universitas Pelita Bangsa

 

 

Pentingnya pendidikan sangat tidak boleh disepelekan. Hal ini tentunya akan berdampak terhadap kualitas suatu bangsa dan kemajuan suatu negara. Adanya pendidikan berperan untuk memerangi kebodohan serta menekan angka kemiskinan yang terjadi. Jika seseorang mengenyam bangku sekolah, maka dalam arti lain orang tersebut sudah memiliki wawasan dari berbagai sudut pandang yang ada di dunia. Secara definisi, pendidikan dapat diartikan sebagai proses perubahan sikap serta tingkah laku pada seseorang atau suatu kelompok dalam usaha proses pendewasaan manusia melalaui pengajaran serta pelatihan (Hidayat, Ag, and Pd, 2019). 

 

Pendidikan tidak hanya dilakukan dengan menempuh pendidikan secara formal saja (seperti: SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi), namun juga menempuh pendidikan secara non formal, seperti pendidikan yang diterima dari keluarga, lingkungan sekitar yang berlaku sejak dini. Fasli Jalal (2006) berpendapat bahwa suatu proses pembentukan karakter bangsa, dimulai dari diri anak sejak masa tumbuh kembang di usia prasekolah. 

 

Selain itu pendidikan melalui pelatihan atau kursus atau bimbingan belajar lainnya yang menyesuaikan dengan bakat masing-masing individu menjadi salah satu jenis pendidikan yang penting. Tujuan secara umum dari proses pendidikan atau pembalajaran yaitu mendampingi manusia sedari dini mungkin agar berproses secara bertahap mampu memanusiakan dirinya menjadi manusia dewasa dan mandiri, serta membina hubungan untuk saling bergantung, dalam artian mampu mengaktualisasikan seluruh potensi yang dimilikinya menjadi manusia seutuhnya (fully human) (Andrias Harefa, 2004).

 

Jika kita menempuh pendidikan secara formal maupun non formal, manfaat yang akan diperoleh seperti: lebih mampu mempersiapkan pondasi masa depan, membangun karakter suatu individu menjadi lebi baik dan kritis di lingkungan masyarakat, bakat seseorang menjadi lebih terasah dengan menempuh pendidikan yang sesuai bakatnya, menekan angka kriminalitas, menciptakan lapangan kerja sehingga mampu mengurangi jumlah pengangguran (PKBM, 2022). Dengan demikian, masyarakat perlu memahami urgensi apa saja yang terjadi jika mereka menempuh pendidikan, seperti menempuh pendidikan formal wajib selama 12 tahun (SD, SMP, SMA). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: