Longsong Terjang 2 Kecamatan di Purwakarta, Puluhan Warga Mengungsi Ketempat yang Aman

Longsong Terjang 2 Kecamatan di Purwakarta, Puluhan Warga Mengungsi Ketempat yang Aman

ilustrasi gambar, Tanah Longsor--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Purwakarta mengakibatkan terjadinya bencana longsor di Kampung Pasanggrahan, Kecamatan Tegalwaru, pada Kamis sore (4/1).

Longsor menerjang dua kecamatan di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, sekitar pukul 16.00 WIB. Sebanyak 39 orang harus mengungsi akibat kejadian ini.

Dari informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, lokasi longsor ada di Kecamatan Tegalwaru dan Kecamatan Sukatani.

"Penyebab kejadian karena intensitas hujan tinggi di wilayah Kabupaten Purwakarta," kata Pranata Humas Ahli Muda BPBD Jabar Hadi dalam keterangan yang diterima awak media, Jumat (5/1/2023).

BACA JUGA:Banjir Kembali Benamkan Karangligar, Puluhan Personel Polres Karawang Turun ke Permukiman Warga

Di Kecamtan Tegalwaru, wilayah terdampak yakni longsor Gunung Anaga yang berada di Kampung Pamalayan, Desa Sukamulya. Di sini terdapat jalan yang ambles.

"Kaki Gunung Anaga mengalami longsor sebanyak 4 titik," ujar Hadi.

Sementara di Desa Cianting, Kecamatan Sukatani, satu obyek masjid terdampak dan Desa Pasirmunjul yakni satu fasilitas umum yakni jalan di Kampung Cihaur RT 10 RW 03 amblas.

"Warga yang mengungsi dalam kejadian ini 9 KK dengan 39 jiwa. Warga sementara mengungsi di SDN 2 Sukamulya," ujar Hadi.

BPBD Provinsi Jawa Barat sudah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Purwakarta dalam penanganan bencana longsor ini. BPBD Kabupaten Purwakarta sedang melakukan assesment ke lokasi kejadian.

BACA JUGA:Kereta Turangga Tabrakan dengan KA Bandung Raya di Cicalengka, 3 Orang Tewas dan 28 Penumpang Luka-luka

"Kejadian Bencana ini dapat dimungkinkan bertambah mengingat situasi atau kondisi saat ini masih dalam situasi siaga," pungkasnya. (bbs/dtj/ihm)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: