Anies Singgung Prabowo Soal Anggaran Besar Kemenhan tapi Tak Bisa Atasi Masalah Siber

Anies Singgung Prabowo Soal Anggaran Besar Kemenhan tapi Tak Bisa Atasi Masalah Siber

Foto : Anies Baswedan, Di Debat Capres Ketiga Tahun 2024 di Jakarta, Minggu (7/1).--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Di Debat Capres ketiga 2024 semakin memanas, apalagi saat Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menyinggung kekayaan calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto saat debat capres-cawapres ketiga yang bertemakan Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik.

Anies mengungkapkan bahwa anggaran Kementerian Pertahanan di masa pemerintahan Presiden Joko Widodo telah mencapai Rp 700 triliun, ia heran mengapa anggaran senilai Rp700 triliun tak bisa mengatasi masalah siber.

BACA JUGA:Debat Capres 2024, Anies Baswedan Singgung Betapa Lemahnya Keamanan Siber di Indonesia

“Justru di situ letak problemnya, ketika anggaran yang begitu besar dialokasikan justru bukan untuk mempertahankan serangan paling modern yang terjadi,” ujarnya dalam acara Debat Ketiga Capres-Cawapres 2024 di Istora Senayan, Minggu (7/1).

Padahal menurut Anies, serangan siber adalah masalah yang dirasakan oleh hampir semua lapisan masyarakat. Bukan hanya sektor pemerintahan saja yang berpotensi mengalami ancaman ini, tetapi juga seluruh keluarga di Indonesia.

Dirinya lantas menilai ketimbang membelanjakan anggaran untuk alutsista, sebaiknya itu dialokasikan untuk membenahi sistem keamanan siber. Sebab hal ini bukan termasuk investasi jangka panjang, sehingga manfaatnya bisa dirasakan dalam waktu dekat.

BACA JUGA:Prabowo Subianto Bakal Teruskan Politik Luar Negeri Indonesia yang Nonblok: Seribu Kawan Terlalu Sedikit

“Investasi jangka panjang boleh, tapi manfaatnya itu baru bisa dirasakan 5-10 tahun mendatang. Pertanyaannya, hari ini dan kemarin apa? Dan itulah yang menjadi fokus kita. Siapkan sistemnya, siapkan orangnya, dan siapkan langkahnya,” tegas Anies. (ygi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: