PKS Resmi Usung Anies Baswedan-Sohibul Iman di Pilkada Jakarta

PKS Resmi Usung Anies Baswedan-Sohibul Iman di Pilkada Jakarta

PKS Resmi Usung Anies Baswedan Sohibul Iman di Pilkada DKI Jakarta-Dok./pks.id-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah mengumumkan akan mencalonkan Anies Baswedan sebagai calon gubernur DKI Jakarta dengan Sohibul Iman sebagai calon wakil gubernur. Pengumuman ini disampaikan oleh Presiden PKS, Ahmad Syaikhu, pada hari Selasa (25/6).

"Struktur DPW PKS DKI Jakarta sebelumnya telah mengusulkan beberapa nama bakal calon Gubernur DKI Jakarta ke DPP PKS, termasuk diantaranya Bapak Anies Rasyid Baswedan dan Bapak Mohamad Sohibul Iman," jelas Syaikhu.

BACA JUGA:Koalisi Buruh Pangkal Perjuangan Bentuk 'BURSA', Dukung H. Aep Syaepuloh di Pilkada Karawang 2024

Syaikhu menjelaskan bahwa nama-nama calon tersebut dibahas dalam Rapat Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) dengan mempertimbangkan rekam jejak kepemimpinan di eksekutif maupun legislatif, kredibilitas, kapasitas, serta peluang kemenangan yang besar.

"Maka Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) PKS pada rapatnya di hari Kamis, 20 Juni 2024 telah memutuskan mengusung Bapak Anies Rasyid Baswedan sebagai Bakal Calon Gubernur dan Bapak Mohamad Sohibul Iman sebagai Bakal Calon Wakil Gubernur pada Pilkada DKI Jakarta tahun 2024," ungkap Syaikhu. 

DPP PKS juga mempertimbangkan usulan dari DPW PKS DKI Jakarta dan masukan dari berbagai tokoh, ulama, habaib, tokoh lintas agama, cendekiawan, serta masyarakat terkait Pilkada Jakarta. Berdasarkan pertimbangan tersebut, PKS memutuskan untuk mendukung Anies Baswedan dan Sohibul Iman.

BACA JUGA:Partai Gerindra, PKB dan Demokrat Sepakat Berkoalisi pada Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Bekasi 2024

Keputusan ini juga diambil setelah mendengar saran dan masukan dari tokoh agama, masyarakat, dan cendekiawan.

Saat ini, PKS masih membutuhkan koalisi dengan partai politik lain untuk bisa mendaftarkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur ke KPU guna memenuhi syarat jumlah kursi di DPRD DKI Jakarta. Pendaftaran akan dibuka pada bulan Agustus mendatang.

Lebih lengkap Syaikhu mengungkapkan telah menghubungi beberapa partai untuk berkoalisi mengusung pasangan Anies Baswedan-Sohibul Iman.

"PKS telah membangun komunikasi dengan Partai NasDem dan alhamdulillah mendapatkan sinyal positif untuk membangun kerjasama di Pilkada DKI Jakarta," ucap Syaikhu. 

"Selanjutnya, rencana pertemuan dengan PKB juga sudah dirancang dan akan dilaksanakan. Kami optimis, insya Allah sosok Bapak Anies Rasyid Baswedan dan Bapak Mohamad Sohibul Iman adalah kandidat yang memiliki peluang menang besar," pungkasnya.

Anies Baswedan adalah mantan gubernur Jakarta untuk periode 2017-2022. Setelah masa jabatannya berakhir, ia maju sebagai calon presiden dalam Pilpres 2024.

Anies berpasangan dengan Muhaimin Iskandar, bersaing melawan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: