Longsor Di Kabupaten Banjarnegara, Sebanyak 128 Jiwa Mengungsi, Belasan Rumah Hingga 1 Masjid Rusak

Longsor Di Kabupaten Banjarnegara, Sebanyak 128 Jiwa Mengungsi, Belasan Rumah Hingga 1 Masjid Rusak

Bencana Longsor mengakibatkan kerugian materil sebanyak 13 rumah rusak, 18 rumah berisiko terkena longsoran, 1 masjid rusak dan 2 unit kandang hewan rusak.--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Musibah kembali terjadi di Kabupaten Banjarnegara, tepatnya di Desa Kalitlaga, Kecamatan Pagentan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah pada Selasa (6/2). Longsor menimpa daerah tersebut sehingga beberapa rumah sudah rata dengan tanah.

Gegara longsor rumah warga menjadi rusak dan sudah tidak berbentuk. Longsoran tanah sudah membuat beberapa rumah berantakan dan tak beraturan. Longsor dipicu hujan dengan intensitas tinggi dengan durasi lebih dari dua jam pukul 01.30 WIB.

Laporan dari Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pasca kejadian tanah longsor dilaporkan 1 orang luka ringan serta 37 KK / 128 jiwa terdampak dan mengungsi.

Selain itu kejadian longsor mengakibatkan kerugian materil sebanyak 13 rumah rusak, 18 rumah berisiko terkena longsoran, 1 masjid rusak dan 2 unit kandang hewan rusak.

BACA JUGA:Viral, Video Preman Kampung di Karawang Palak Pedagang Jamu, Hingga Pecahkan Botol

Sementara itu informasi Staf Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Banjarnegara, Mimid pada Kamis (8/2) melalui sambungan telepon, kondisi pengungsi masih bertahan di pengungsian karena kondisi akses jalan serta rumah warga mengalami kerusakan.

“Penanganan tanah longsor tim gabungan melakukan pertolongan, evakuasi, serta pendataan. Untuk penanganan pengungsi BPBD bersama, Dinsos, dan PMI memberikan bantuan logistik ke titik-titik pengungsi dan mendirikan pos Kesehatan. Kondisi hujan lebat menjadi kendala dalam evakuasi korban yang terkena longsor” ujar Mimid.

Berdasarkan informasi dari Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika wilayah Kabupaten Banjarnegara pada Jumat (9/2) kondisi cuaca cenderung hujan ringan hingga sedang, sedangkan kondisi cuaca pada Sabtu (10/2) cuaca didominasi hujan dengan petir. 

BACA JUGA:Anies Disebut Tak Bisa Nyanyi dan Joged, Dokter Tifa: Suruh Dia Jadi Presiden Saja, Dah Perfecto Pokoke

Kajian Inarisk BNPB untuk wilayah Kabupaten Banjarnegara memiliki risiko terdampak tanah longsor sedang hingga tinggi sebanyak 20 kecamatan dengan luas 18.598 ha.

Mengantisipasi terjadinya tanah longsor BNPB menghimbau kepada Pemerintah daerah agar melakukan mitigasi vegetasi dengan penanaman pohon yang mempunyai perakaran yang dalam dan jarak tanam yang tidak terlalu rapat diantaranya diseling-selingi tanaman pendek yang bisa menjaga drainase air serta membuat drainase lereng yang baik untuk menghindarkan air mengalir dari dalam lereng keluar lereng. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://karawangbekasi.disway.id/