Ini Saran Dokter Spesialis Gizi Agar Diet Kamu Tetap Sehat, Simak!

Ini Saran Dokter Spesialis Gizi Agar Diet Kamu Tetap Sehat, Simak!

ilustrasi gambar, Diet--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Kamu pastinya sangat ingin melakukan diet tapi dengan diet yang tetap membuat kamu sehat, berikut saran agar diet kamu tetap sehat menurut Dokter Spesialis Gizi.

Dokter Spesialis Gizi Klinik RS Cipto Mangunkusumo, Dr. Steffi Sonia M.Gizi Sp.GK (K), memberikan saran terkait diet.

Dia menyatakan bahwa seseorang yang ingin diet tidak perlu mengurangi atau bahkan tidak makan nasi, asalkan dapat mengatur porsi makannya agar seimbang dengan sayur.

Dalam diskusi kesehatan daring, Dr. Steffi menjelaskan bahwa saran ini sesuai dengan Piring Makanku yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan, di mana rasio antara nasi dan sayur seharusnya minimal setara dan sama banyaknya.

BACA JUGA:Nonton Shaman King: Flowers Episode 6 Subtitle Indonesia

"Sarannya kalau mau menjaga kesehatan sesuai dengan Piring Makanku yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan itu sudah jelas dari rasio satu piring sebenarnya antara nasi sama sayur minimal setara dan sama banyaknya," kata Steffi dalam diskusi kesehatan yang diikuti secara daring, Kamis, (25/1/2024).

Dr. Steffi juga memperingatkan agar tidak terkecoh dengan porsi makan yang terlihat sedikit. Sebagai contoh, meskipun hanya satu potong gorengan, tetapi gorengan tersebut mengandung minyak yang tinggi dalam kalori.

Hal yang sama berlaku untuk camilan kue kering, terutama yang berbahan dasar mentega atau margarin, yang meskipun berukuran kecil tetapi mengandung banyak kalori.

Jika seseorang ingin mengganti nasi putih dengan varian yang tinggi serat, Dr. Steffi merekomendasikan nasi merah atau nasi cokelat. Namun, perlu tetap menjaga porsi makan agar seimbang dengan sayur.

BACA JUGA:Nonton Youkoso Jitsuryoku Shijou Shugi No Kyoushitsu E Season 3 Episode 7 Subtitle Indonesia

Sumber karbohidrat lainnya seperti kentang, ubi, atau singkong juga dapat menjadi alternatif, namun tetap perlu menjaga proporsi makan agar kenyangnya lebih lama.

Dr. Steffi menekankan bahwa tidak hanya jenis makanan tertentu yang harus dijaga porsinya, melainkan semua pengganti makanan pokok.

Perbandingan antara karbohidrat dan sayur sebaiknya minimal sama banyaknya untuk menjaga keseimbangan dan mencegah penumpukan lemak yang dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan obesitas. (bbs/fjr/ihm)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber