Jaga Berat Badan Selama Puasa, Berikut 5 Menu Takjil Rendah Kalori dibawah 100 kkal

Jaga Berat Badan Selama Puasa, Berikut 5 Menu Takjil Rendah Kalori dibawah 100 kkal

Menjaga Berat Badan Saat Puasa-Menjaga Berat Badan Saat Puasa-mylife.id

 

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Agar berat badan tetap terkendali selama berpuasa, mari mencoba menu takjil rendah kalori. Hindari mengkonsumsi beberapa takjil ini agar berat badanmu tidak naik selama puasa

Pada bulan puasa, seringkali orang cenderung mengonsumsi berbagai makanan tanpa memperhitungkan asupan kalorinya, terutama pada takjil yang umumnya manis dan berminyak. Meskipun berpuasa dapat dianggap sebagai bentuk diet karena tidak makan dalam jangka waktu tertentu, tetapi tidak jarang orang mengalami peningkatan berat badan selama bulan puasa.

 

Penyebabnya seringkali adalah konsumsi makanan berlebihan ketika berbuka puasa, terutama makanan yang tinggi kalori. Oleh karena itu, bagi mereka yang ingin menjaga berat badan selama berpuasa, disarankan untuk memilih takjil rendah kalori.

 

Sebelum mengetahui menu takjil rendah kalori yang dapat dipilih, sebaiknya memahami terlebih dahulu berapa jumlah kalori harian yang dibutuhkan oleh orang dewasa. Hal ini penting agar dapat mengukur sejauh mana asupan makanan sudah memenuhi kebutuhan kalori tubuh atau bahkan melebihinya.

 

Kebutuhan Kalori Orang Dewasa Setiap Harinya

 

Kebutuhan kalori harian bagi orang dewasa, sebagaimana diatur oleh Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2019 tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia, mencapai rata-rata 2100 kalori per individu setiap hari. Jumlah ini dapat bervariasi tergantung pada Berat Badan Ideal (BBI) masing-masing orang.

 

Perhitungan kebutuhan kalori untuk laki-laki adalah 30 kkal x BBI, sementara perempuan mengikuti formula 25 kkal x BBI. BBI dapat dihitung dengan rumus: (tinggi badan dalam cm - 100) - (10% dari hasil tinggi badan - 100).

 

Menurut Kemenkes, satu menu makan yang lengkap, terdiri dari makanan pokok seperti nasi, lauk pauk, sayuran, dan buah, sudah mencapai 700 kalori. Oleh karena itu, jika menu utama berbuka puasa sudah mencakup 1/3 dari kebutuhan kalori harian, disarankan untuk memilih takjil yang rendah kalori.

 

Menu Takjil Rendah Kalori

 

Agar dapat menjaga berat badan selama bulan puasa, berikut adalah beberapa pilihan menu takjil rendah kalori:

 

1. Kurma (1 Buah: 23 kalori)

 

Kurma, sebagai takjil rendah kalori yang populer selama bulan Ramadan, memiliki rasa manis dengan warna cokelat gelap. Sebagai buah yang telah menjadi makanan pokok di Timur Tengah selama ribuan tahun, kurma seringkali menjadi pilihan berbuka puasa yang ideal karena kelezatannya dan kandungan manis yang alami.

 

Bahkan, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam juga sangat menganjurkan mengonsumsi buah satu ini.

 

Dilansir dari Almanhaj.or.id, hadis yang diriwayatkan dari Anas bin Malik, yakni:

 

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُفْطِرُ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّيَ عَلَى رُطَبَاتٍ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَتُمَيْرَاتٌ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تُمَيْرَاتٌ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: takjil rendah kalori