Inilah 10 Hal yang Harus Mahasiswa Lakukan saat Bimbingan dengan Dosen, Dijamin Skripsian Lancar

Inilah 10 Hal yang Harus Mahasiswa Lakukan saat Bimbingan dengan Dosen, Dijamin Skripsian Lancar

Hal yang perlu dilakukan saat bimbingan skripsi--picture by sevima.com

Berikut ini ada beberapa hal yang dapat dilakukan mahasiswa saat bimbingan dengan dosen agar skripsi lancar. Bimbingan adalah hal yang paling dinantikan oleh mahasiswa agar dapat menyelesaikan tugas akhir sesuai waktunya.

Namun, terkadang beberapa mahasiswa tidak memanfaatkan proses bimbingan skripsi yang sungguh-sungguh. Bahkan ada juga yang malas untuk bimbingan.

Mungkin saat ini kamu tidak akan merasakan dampaknya, dan suatu ketika pasti akan merasa rugi. Untuk itu, yuk kita simak bersama apa saja hal yang harus kita lakukan saat bimbingan skripsi bersama dosen di bawah ini.

Selama sesi bimbingan skripsi, ada beberapa tips yang dapat membantu memaksimalkan manfaat dari pertemuan dengan dosen pembimbing Anda. Berikut adalah beberapa tips yang harus dilakukan saat bimbingan skripsi:

  1. Persiapkan Diri dengan Baik: Sebelum pertemuan, pastikan Anda telah mempersiapkan segala hal yang perlu dibahas dengan dosen pembimbing. Bawa catatan, pertanyaan, atau hasil penelitian yang ingin Anda diskusikan.
  2. Ajukan Pertanyaan yang Jelas dan Spesifik: Gunakan waktu bimbingan untuk mengajukan pertanyaan yang jelas dan spesifik tentang proyek skripsi Anda. Jelaskan masalah atau kendala yang Anda hadapi dan minta masukan atau saran dari dosen pembimbing.
  3. Dengarkan dengan Seksama: Selama sesi bimbingan, berikan perhatian penuh pada penjelasan dan masukan dari dosen pembimbing. Dengarkan dengan seksama dan minta penjelasan lebih lanjut jika ada yang tidak Anda pahami.
  4. Terbuka terhadap Kritik: Terimalah kritik atau saran yang diberikan oleh dosen pembimbing dengan sikap terbuka dan positif. Ingatlah bahwa tujuan kritik tersebut adalah untuk membantu Anda meningkatkan kualitas skripsi Anda.
  5. Jangan Takut untuk Berbagi Ide: Jangan ragu untuk berbagi ide atau gagasan yang Anda miliki dengan dosen pembimbing Anda. Diskusikan potensi penelitian atau pendekatan baru yang Anda temukan dan lihat bagaimana hal itu dapat dikembangkan lebih lanjut.
  6. Ambil Catatan: Selama pertemuan, ambil catatan tentang masukan, saran, atau arahan yang diberikan oleh dosen pembimbing. Ini akan membantu Anda untuk mengingat dan mengimplementasikan informasi tersebut lebih lanjut.
  7. Tetap Teratur dan Tepat Waktu: Pastikan untuk datang tepat waktu dan teratur pada setiap pertemuan bimbingan skripsi. Sisihkan waktu yang cukup untuk diskusi yang produktif dan hindari menunda-nunda atau membatalkan pertemuan secara tidak teratur.
  8. Jadilah Proaktif: Selain menghadiri pertemuan bimbingan rutin, jadilah proaktif dalam memperoleh bimbingan tambahan atau masukan dari dosen pembimbing Anda. Jangan ragu untuk menghubungi mereka jika Anda menghadapi kendala atau membutuhkan bantuan.
  9. Tindaklanjuti Instruksi dan Saran: Setelah pertemuan, tindaklanjuti instruksi dan saran yang diberikan oleh dosen pembimbing. Lanjutkan dengan melakukan perubahan atau penyesuaian yang disarankan untuk meningkatkan kualitas skripsi Anda.
  10. Rajin dan Semangat: Kamu perlu membangkitkan semangat untuk melakukan bimbingan setiap minggunya. Hal ini akan berpengaruh dengan progres atau perkembangan penelitian kamu. Jika kamu malas, maka akan ada revisi yang banyak di akhir nanti. 

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat memanfaatkan pertemuan bimbingan skripsi dengan dosen pembimbing Anda secara maksimal dan meningkatkan kemajuan serta kualitas skripsi Anda. Semoga tips ini bermanfaat ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: