Tips Atur Keuangan Selama Ramadhan, Cocok Buat Kamu Yang Suka Bukber!

Tips Atur Keuangan Selama Ramadhan, Cocok Buat Kamu Yang Suka Bukber!

Atur Keuangan Bukber-Atur Keuangan Bukber-istockphoto.com

 

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Ketika Ramadan tiba, biaya bulanan tidak hanya meningkat karena adanya kewajiban sedekah, tetapi juga karena adanya pengeluaran tambahan untuk berbuka puasa bersama. Melihat naiknya harga kebutuhan pokok saat ini, penting untuk memastikan bahwa agenda berbuka puasa bersama tidak mengganggu arus kas bulanan Anda. Penting untuk memilih dengan bijak agenda mana yang akan Anda hadiri, dan tidak hanya mengikuti arus.

Untuk menjaga pengeluaran tetap terkendali dan menghindari belanja impulsif selama bulan Ramadan, perencana keuangan Prita Ghozie membagikan beberapa tips yang bermanfaat. Berikut adalah beberapa tips keuangan selama Ramadan agar tidak boros di akhir bulan yang cocok banget kamu coba

1. Merancang Rencana Keuangan

Merencanakan keuangan dengan teliti selama bulan Ramadan merupakan hal yang sangat penting. Anda dapat membuat rencana dengan mencatat semua kemungkinan pengeluaran tambahan yang muncul selama bulan Ramadan. Contohnya, pengeluaran untuk berbuka puasa di luar rumah, pembelian tiket untuk pulang kampung, biaya akomodasi saat mudik, serta kebutuhan lainnya untuk menyambut Hari Raya Idulfitri.

Dari rencana keuangan bulanan tersebut, khusus untuk Ramadan, Anda dapat mencatat potensi pengeluaran per minggu. Merencanakan per minggu sangatlah penting agar Anda dapat mengontrol arus kas dan mencegah pengeluaran yang melebihi rencana yang telah dibuat.

 

2. Menyusun Jadwal Berbuka Bersama

Apakah Anda sudah memiliki rencana untuk berbuka bersama selama bulan Ramadan? Mungkin Anda sudah memiliki jadwal untuk berbuka bersama dengan keluarga, teman dekat, atau rekan kerja. Anda dapat memilih untuk menghadiri berbuka bersama dengan orang-orang yang sering Anda temui.

Jika ada undangan dari teman lama atau rekan dari kampus yang jarang Anda hubungi, tidak masalah untuk menolak berbuka bersama dengan mereka. Semakin banyak berbuka bersama di luar, semakin besar pula pengeluaran yang harus Anda keluarkan. Untuk mengontrol pengeluaran, buatlah jadwal berbuka bersama berdasarkan prioritas (siapa yang ingin Anda temui) dan estimasi biaya yang akan dikeluarkan.

 

3. Menghindari Pembayaran dengan Cicilan

 

Prita Ghozie menyarankan agar selama Ramadan, Anda berusaha untuk melakukan pembelian dengan sistem pembayaran tunai atau lunas. Membayar dengan sistem cicilan hanya akan menambah beban cicilan Anda di bulan tersebut. Salah satu cara untuk mengendalikan keinginan untuk membayar dengan cicilan adalah dengan menggunakan aplikasi keuangan. Pilihlah aplikasi yang menawarkan promo dan gratis biaya transfer dana atau pengiriman uang.

Dengan demikian, Anda dapat lebih hemat dalam berbelanja atau melakukan transfer dana ke keluarga atau karyawan Anda. Itulah beberapa tips mengatur keuangan dari Prita Ghozie. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: tips atur keuangan selama ramadhan