Kang RHD Dorong Penuh Pengembangan Budidaya Perikanan di Utara Jabar

Kang RHD Dorong Penuh Pengembangan Budidaya Perikanan di Utara Jabar

Kang RHD Dorong Penuh Pengembangan Budidaya Perikanan di Utara Jabar --

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Kang RHD dorong penuh pengembangan budidaya perikanan di Utara Jabar. 

Potensi  perikanan di utara Jawa Barat, terutama di pesir Kabupaten Karawang sangat menjanjikan. Dengan pengembangan budidaya yang serius dan didorong penuh oleh pemerintah diharapkan dapat lebih mensejahterakan masyarakat pesisir Jawa Barat.

Karena itu Ketua Komisi II DPRD Jabar Rahmat Hidayat Djati mendorong penuh pengembangan ikan air payau dan laut wilayah Utara Provinsi Jabar itu. 

Diketahui Jawa Barat adalah salah satu provinsi yang kaya akan varietas Ikan air tawar dan payau yang harus terus dikembangkan.

BACA JUGA:Pemkab Bekasi Terima Lahan Fasos Fasum Seluas 5,2 Hektare di Cikarang Selatan

Rahmat Hidayat Djati atau biasa dipanggil Kang RHD sempat beberapa kali melakukan kunjungan kerja ke UPTD PAPLWU, Kabupaten Karawang, seperti yang ia lakukan pada bulan Februari lalu.

Saat itu Ketua DPC PKB Kabupaten Karawang yang juga terpilih lagi pada Pemilu lalu itu   menjelaskan, Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat mendorong pembudidayaan dan pengembangan komoditas ikan air payau dan ikan air laut di UPTD Perikanan Air Payau dan Air Laut Wilayah Utara di Sungai Buntu Kabupaten Karawang.  

Menurut anggota DPRD Jabar Dapil Karawang- Purwakarta ini, untuk mendapatkan hasil budidaya dan pengembangan yang sempurna diperlukan beberapa langkah seperti kerja sama pengembangan teknologi bersama perguruan tinggi, lembaga riset, dan stakeholder perikanan. 

BACA JUGA:Rekomendasi Waktu Olahraga yang Cocok saat Puasa, Jangan Takut Kehausan

Serta, dilakukannya pelatihan-pelatihan teknis agar SDM di lingkungan UPTD  itu menjadi semakin baik. Bagaimana tidak, Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang kaya akan varietas Ikan air tawar maupun air lautnya. 

“Kami melihat adanya keseriusan pada pengembangan dan pembesaran ikan laut (kakap, kerapu, bawal bintang), budidaya bandeng, budidaya udang vaname, membangkitkan budidaya udang windu, budidaya nila salin, serta budidaya polykultur udang windu, bandeng, dan rumia. Dan ini menjadi komoditas yang utama untuk terus kita dorong kemanfaatannya,” ujar Kang RHD.

Diketahui, Kabupaten Karawang memiliki panjang pantai lebih kurang 84,23 Km dan beberapa muara sungai yang dapat dilalui oleh perahu nelayan sehingga potensi perikanan yang dapat dikembangkan, antara lain : budidaya ikan tambak (payau), budidaya ikan kolam (darat) dan perikanan hasil tangkap baik di laut maupun di perairan umum. 

BACA JUGA:Terlibat Tawuran Perang Sarung di Parung, 5 Remaja Ditangkap, Celurit dan Pisau Disita Polisi

Tambak adalah suatu ekosistem buatan manusia, merupakan lahan dekat pantai yang dibendung dengan pematang-pematang keliling sehingga membentuk sebuah kolam berair payau.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: