Ini yang Harus Kamu Lakukan Saat Darah Menstruasi Berwarna Hitam, Berikut Cara Mengatasinya!

Ini yang Harus Kamu Lakukan Saat Darah Menstruasi Berwarna Hitam, Berikut Cara Mengatasinya!

-bimbingan Kesehatan Organ reproduksi -

KARAWANG.BEKASI.DISWAY.ID - enstruasi menjadi agenda rutin Wanita setiap bulan. Haid atau menstruasi merupakan kondisi normal yang menandakan bahwa Wanita Tengah mengaalami masa subur dan siap berreproduksi. Selama proses menstruasi Wanita aan mengeluarkan cairan darah yang meluruh dari dinding Rahim. 

Adapun warna darah tersebut dapat berbeda beda, sesuai dengan kondisi Kesehatan dan periode menstruasi. Umuya pada periode awal menstruasi darah yang dikeluarkan berwarna merah cerah, sampai ke periode akhir menstruasi darah tersebut berubah warna menjadi coklat bahkan keunguan. Namun, apakah perubahan warna darah saat menstruasi adalah hal yang wajar terjadi? 

Perubahan warna darah haid mampu mengindikasikan kondisi Kesehatan tubuh yang buruk. Biasanya, darah haid memiliki warna merah tua atau merah cerah yang normal. Namun, jika yang keluar adalah darah berwarna hitam dan terlihat sangat pekat bahkan mengental, tentu hal ini perlu dikawatirkan. 

Perubahan warna maupun tekstur darah saat periode menstruasi adalah hal yang wajar dialami para Wanita. Namun jika perubahan warna yang terjadi tidak wajar ada baiknya kamu mengobatinya dan membawanya kedokter untuk penanganan yang tepat. 

Cara Mengobati Darah Haid Hitam

Darah menstruasi yang berwarna hitam mungkin merupakan bagian dari siklus menstruasi Moms dan biasanya tidak memerlukan perawatan khusus. Namun, jika darah haid hitam disertai dengan gejala lain seperti demam, nyeri, atau bau yang tidak sedap, disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Perawatan untuk darah haid hitam akan bergantung pada penyebabnya. Misalnya, jika disebabkan oleh objek yang tertinggal di dalam vagina, dokter akan perlu mengeluarkannya, terutama jika Moms mengalami gejala lain seperti nyeri atau demam.

Contoh lainnya, jika darah haid hitam disebabkan oleh missed miscarriage, biasanya kondisi tersebut akan membaik dengan sendirinya. Namun, jika tidak, dokter mungkin akan merekomendasikan beberapa prosedur lain untuk mengatasi darah haid hitam.

 

Keluar Darah Haid Hitam, Kapan Harus ke Dokter?

Darah menstruasi yang berwarna hitam pada awal dan akhir siklus menstruasi tidak perlu menjadi sumber kekhawatiran, terutama jika tidak ada gejala tambahan yang terjadi.

Normalnya, periode menstruasi berlangsung selama 3-10 hari, sehingga mengalami darah haid hitam di awal dan akhir periode tersebut dianggap sebagai hal yang wajar. Namun, Moms tetap perlu memperhatikan tanda-tanda yang mengganggu kenyamanan, terutama jika darah menstruasi hitam disertai dengan gejala lain yang tidak biasa.

Sangat penting bagi Moms untuk berkonsultasi dengan dokter jika darah menstruasi hitam muncul di luar jadwal menstruasi bulanan. Hal yang sama berlaku jika Moms sedang hamil atau baru saja melahirkan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: