Ragu Dalam Membedakan Darah Menstruasi Atau Bukan, Begini Solusinya!

Ragu Dalam Membedakan Darah Menstruasi Atau Bukan, Begini Solusinya!

Ragu Dalam Membedakan Darah Menstruasi Atau Bukan-Ragu Dalam Membedakan Darah Menstruasi Atau Bukan-Kumparan.co

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Salah satu  masalah yang kerap dialami para Wanita menuju akhir periode mentruasi adalah keragu raguan. Banyak Wanita yang merasa ragu, apakah menstruasinya telah berakhir atau belum.

Kondisi tersebut kerap ditemukan saat, darah berhenti keluar untuk sebentar dan mengeluarkan bercak darah atau flek cokelat dari vagina beberapa hari selanjutnya.

Tentu kondisi tersebut membuat bimbang para Wanita Muslimah untuk melaksanakan ibadah shalat termasuk bersuci. Karena ibadahnya dianggap tidak sah dan mereka harus bersuci Kembali karena bercak menstruasi Kembali muncul saat ia beribadah.

Buat kamu yang mengalami keluarnya flek cokelat dan merasa ragu apakah itu darah haid atau bukan, ada baiknya untuk membaca penjelasan dibawah ini.

Pegertian Flek Coklat Berdasarkan Pandangan Islam

Flek merupakan bercak-bercak kecokelatan yang biasanya muncul sebelum atau sesudah haid. Secara medis, flek biasanya terjadi pada awal atau akhir periode menstruasi.

Kondisi tersebut membuat para Wanita merasa ragu apakah bercak darah yang keluar merupakan darah haid atau bukan. Apakah ia dapat melakukan ibadah shalat ataupun tidak?

“Flek adalah semacam (tetes) cairan yang keluar dari (kemaluan) perempuan, terkadang sebelum haid dan terkadang sesudah haid.”

Pada perempuan, hal ini tentu mendapatkan perhatian lebih, terutama jika ingin beribadah. Di samping itu, sebagian ulama menjelaskan bahwa flek juga bisa berasal dari bukan darah haid dengan beberapa faktor penyebabnya.

Umumnya, perempuan bisa memperkirakan masa haid yang menjadi agenda bulanannya. Terutama saat      disertai rasa nyeri pada perut. Maka, hal ini terhitung sebagai darah haid yang terjadi akibat peluruhan dinding rahim.

Oleh sebab itu, pada kondisi tersebut, flek cokelat termasuk dalam siklus menstruasi, meski hanya keluar beberapa tetes dan tidak deras.

 

Memahami Flek Cokelat yang Keluar dari Vagina

Selain karena darah menstruasi, Flek bisa terjadi karena sejumlah factor. Umumnya, perempuan bisa memperkirakan masa haid yang menjadi agenda bulanannya. Terutama saat      disertai rasa nyeri pada perut. Maka, hal ini terhitung sebagai darah haid yang terjadi akibat peluruhan dinding rahim.

Oleh sebab itu, pada kondisi tersebut, flek cokelat termasuk dalam siklus menstruasi, meski hanya keluar beberapa tetes dan tidak deras.

1. Flek Cokelat yang Keluar Sebelum Haid

Tidak aneh jika para Wanita sempat emrasa ragu apakah bercak darah atau flek yang muncul sebelum menstruasi adalah darah haid atau tidak.

Flek cokelat yang muncul sebelum masa haid bisa saja merupakan tanda awal menstruasi. Jika flek tersebut muncul selama masa haid atau siklus menstruasi, terutama jika disertai dengan nyeri, maka dapat dianggap sebagai darah menstruasi.

Imam An-Nawawi menjelaskan bahwa flek yang muncul sebelum atau selama siklus menstruasi dianggap sebagai darah haid.

“Dalam ajaran kami tentang flek, telah kami jelaskan bahwa yang sahih adalah jika muncul pada saat memungkinkan (yaitu saat yang biasanya terjadi menstruasi perempuan), maka termasuk darah haid."

Oleh karena itu, saat seorang perempuan melakukan salat dan mengalami flek sebelum menstruasi, bisa dianggap bahwa ibadahnya tidak sah.

4. Flek yang Keluar Setelah Darah Haid

Bagaimana jika terdapat keraguan apakah darah tersebut merupakan darah haid atau tidak setelah masa menstruasi selesai?

Dalam hal ini, darah yang keluar masih dianggap sebagai bagian dari masa haid, terutama jika masih berlanjut dengan periode haid yang biasa. Berdasarkan hadis yang disampaikan oleh Ummu ‘Alqamah, Aisyah RA pernah dimintai penjelasan tentang flek yang muncul setelah menstruasi.

Aisyah menjawab agar tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan hingga muncul cairan kuning putih yang jelas.

"Dulu, wanita-wanita mengirimkan kapas yang terdapat flek kekuningan akibat darah haid kepada 'Aisyah RA. Mereka bertanya tentang hukum salat ketika keluar flek tersebut.

'Aisyah RA menjawab: "Janganlah tergesa-gesa (menganggap suci) hingga kamu melihat cairan putih." (HR. Bukhari secara mu'allaq, tanpa sanad).

Dengan demikian, wanita yang masih mengalami flek setelah masa haid selesai tidak diperbolehkan untuk melaksanakan salat atau beribadah.

 

3. Flek yang Disebabkan Suatu Penyakit

Penyebab lainnya yang bisa membuat ragu darah haid atau bukan, ternyata bisa karena adanya perdarahan pada mulut rahim atau gangguan hormonal.

Ini karena bisa saja flek yang keluar adalah darah akibat penyakit tersebut, khususnya apabila tidak disertai nyeri seperti sedang haid.

Syaikh Al-‘Utsaimin menjelaskan:

“Flek yang (terjadi) sebelum haid seperti ini (tidak di masa kebiasaan perempuan), bukanlah termasuk haid, lebih-lebih datang sebelum masa kebiasaan perempuan (haid), tidak ada tanda-tanda haid seperti nyeri atau sakit punggung atau panggul atau sejenisnya.”

Apabila flek bukan terjadi akibat haid, maka seorang perempuan boleh melaksanakan salat atau ibadah lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: