Bupati Aep Sidak Disdukcatpil: OPD Pelayanan Dilarang Keras WFH

Bupati Aep Sidak Disdukcatpil: OPD Pelayanan Dilarang Keras WFH

Bupati Aep Sidak Disdukcatpil: OPD Pelayanan Dilarang Keras WFH--(foto : karawangbekasi.disway.id)

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Bupati Aep Sidak Disdukcatpil: OPD Pelayanan Dilarang Keras WFH. Bupati Karawang Aep Syaepuloh melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) untuk meninjau langsung pelayanan publik yang pertama dilakukan pasca libur Lebaran 2024 dan cuti bersama.

 Dalam sidak itu, Bupati Aep didampingi oleh Asisten Daerah III dan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Karawang.

 Bupati Aep menegaskan bahwa OPD yang menjalankan pelayanan kemasyarakatan dilarang untuk melakukan Work From Home (WFH) tetapi wajib menjalankan Work From Office (WFO) alias bekerja di kantor. Sebab, kata dia, pelayanan publik harus tetap berjalan dengan baik.

 BACA JUGA:Dani Ramdan Ajak Sukseskan MTQ Jabar hingga Pilkada Serentak 2024

"WFH ini hanya berlaku bagi OPD yang tidak memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat. Disdukcapil adalah salah satu OPD yang memberikan pelayanan publik, jadi harus WFO. Karena hal itu, saya meninjau langsung kesini," ujar Bupati Aep, di Kantor Disdukcapil, Selasa, 16/4/2024.

 Sebelumnya, pemerintah pusat melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas resmi menerapkan kombinasi aturan WFO dan WFH bagi ASN untuk kelancaran mobilitas arus balik Lebaran 2024 dan pengendalian kemacetan lalu lintas setelah libur Hari Raya Idul Fitri 1445 H dan cuti bersama.

 Ia sangat mengapresiasi kepada para ASN di Disdukcapil Kabupaten Karawang yang sudah mulai membuka layanan Adminduk pada hari pertama kerja.

 BACA JUGA:Ribuan Kendaraan Masih Melintas di Jalur Pantura, Polisi Imbau Pemudik Puncak Arus Balik Lebaran Masih Terjadi

"Alhamdulillah pelayanan Adminduk berjalan baik. Hal ini terlihat dengan adanya pelayanan di kantor Disdukcapil yang telah mulai berjalan sejak pukul 08.00 WIB. Masyarakat juga sudah banyak yang datang untuk mengurus dokumen Adminduk," ucap Bupati Aep.

 Selain meninjau langsung pelayanan Adminduk, Bupati Aep juga memantau kondisi sarana dan prasarana di kantor Disdukcapil. Ia menyarankan agar gedung yang sudah mulai tua dan mushola sebagai fasilitas untuk beribadah agar segera diperbaiki.

 "Kami melihat ada beberapa gedung yang sudah berdiri dari tahun 1986, sebagai kantor pelayanan publik, maka perbaikan sarana dan prasarana di kantor Disdukcapil akan menjadi prioritas," ungkap Bupati Aep.

 BACA JUGA:Bengkel Ban di Bekasi Dibobol Kawanan Maling, Isi Bengkel Habis Dikuras, Kerugian Capai Ratusan Juta

Ia menjelaskan untuk gedung lama yang berada di depan, tengah dan belakang akan di bongkar secara total. Kemudian akan dibangunkan satu gedung yang terpusat. Hal ini untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan.

 "Setiap tahun masyarakat akan bertambah, Disdukcapil juga telah menyampaikan kepada kami mengenai permohonan pembangunan baru. Kalau bangunan yang depan, tengah, dan belakang akan saya bongkar untuk dijadikan satu supaya masyarakat dapat terintegrasi, bangunan arsip juga akan tetap dipertahankan," terang Bupati Aep.

 Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kabupaten Karawang, Bambang Susetyo, mengatakan, pihaknya akan terus membangun tertib Administrasi Kependudukan kepada masyarakat, salah satunya dengan cara meningkatkan pelayanan Adminduk.

 BACA JUGA:Pemkab Karawang Memberlakukan Aturan WFH bagi ASN 16-17 April 2024, Ini Detailnya

Dalam mengurus dokumen Adminduk, kata dia, masyarakat bisa langsung mendatangi kantor kecamatan, kantor dinas, dan Mall Pelayanan Publik atau MPP. Selain itu, bisa juga dilakukan melalui online.

 "Kami berkomitmen akan terus meningkatkan kualitas pelayanan, saat ini, kami bisa memberikan pelayanan kepada 200 hingga 300 orang per hari, belum yang di kantor kecamatan," terang Bambang.

 Bambang mengucapkan terimakasih kepada Bupati Karawang yang akan berencana merenovasi sarana dan prasarana di Kantor Disdukcapil Kabupaten Karawang.

 Menurutnya, hal tersebut merupakan suatu bentuk perhatian yang luar biasa kepada Disdukcapil sebagai OPD yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat.

BACA JUGA:4 Tempat Wisata Waterpark di Bekasi yang Lagi Hits Tahun 2024

BACA JUGA:Nonton Yozakura-san Chi no Daisakusen Episode 2 Subtitle Indonesia

 "Kami sebagai unsur Disdukcapil mengucapkan terimakasih atas perhatian dari Pak Bupati untuk masyarakat dengan mernovasi kantor kami. Pada saat sidak tadi juga Pak Bupati sudah memberikan arahan kepada pihak PUPR untuk melakukan perhitungan secara menyeluruh. Semoga hal ini bisa terealisasi," tandas Bambang. (Siska)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: