Negara Paling Bersih di Dunia, Sangat Nyaman Sekali dan Tanpa Polusi!

Negara Paling Bersih di Dunia, Sangat Nyaman Sekali dan Tanpa Polusi!

Negara Paling Bersih di Dunia, Sangat Nyaman Sekali dan Tanpa Polusi!--By Pinterest

 

Kebersihan merupakan salah satu faktor yang sangat penting yang dapat membuat manusia menjadi nyaman untuk tinggal di suatu tempat.
Menilai negara yang paling bersih di dunia dapat melibatkan berbagai faktor, termasuk tingkat kebersihan lingkungan, pengelolaan sampah, kualitas air dan udara, serta upaya perlindungan lingkungan yang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat.

EPI atau Environmental Performance Index merupakan lembaga yang menjadi alat ukur untuk menentukan performa lingkungan. Pada tahun 2022, Yale University berkolaborasi dengan World Economic Forum (WEF) untuk mencoba mengukur tingkat kebersihan 180 negara dengan EPI

Beberapa negara yang sering dianggap memiliki standar kebersihan yang tinggi  adalah:

1. Swedia
Swedia terkenal dengan komitmen kuatnya terhadap keberlanjutan lingkungan, pengelolaan sampah yang efisien, dan upaya untuk mengurangi emisi karbon. Oleh karena itu, siapapun yang tinggal di Swedia akan betah dan merasakan kenyamanan untuk tinggal di negara tersebut.

Swedia adalah negara terbersih di dunia selanjutnya dengan total skor EPI 72,7 dari 100.
Negara ini unggul dalam manajemen pengelolaan limbahnya yang sangat baik, terbukti dari skor sempurna yang didapatkannya untuk kategori pengelolaan air limbah dan 70,8 persen untuk kategori pengelolaan limbah padat.

Ekosistemnya yang terjaga membuat nama Swedia berhasil berada di jajaran 5 besar negara terbersih versi EPI 2022.

2. Denmark
Singapura dikenal sebagai salah satu kota paling bersih di dunia, dengan sistem pengelolaan sampah yang canggih dan upaya untuk menjaga kebersihan lingkungan secara keseluruhan.

Denmark merupakan negara terbersih nomor satu di dunia dengan total skor EPI mencapai 77,9 dari 100.

Negara ini unggul dalam kategori pengelolaan limbah, logam berat, dan kawasan perlindungan lautnya yang mampu mencapai nilai EPI sempurna, yakni 100 dari 100.

Denmark juga diketahui merupakan negara yang memiliki kebijakan paling efektif dan komprehensif di dunia dalam menangani emisi gas rumah kaca dan mencegah perubahan iklim.

3. Inggris
Menduduki posisi kedua dalam urutan negara terbersih di dunia adalah pencapaian yang sangat mengagumkan bagi Negara Inggris, mengingat jumlah populasinya telah mencapai lebih dari 67,25 jiwa.

Berdasarkan penilaian EPI, negara Inggris memperoleh skor total 77.7 dari 100 yang ternyata sangat tipis perbedaannya dengan Denmark yang berada di posisi pertama.

Hal yang lebih mengesankan adalah, Inggris tercatat mendapatkan nilai sempurna dalam kategori air minum, sanitasi, hingga kebijakan emisi polusi.

Baca juga: Tentu Menyehatkan, Ini 7 Makanan yang Dapat Mencegah Penyakit Asam Urat

4. Finlandia
Tak ingin hanya mendapat julukan sebagai negara paling bahagia, ternyata Finlandia juga berada di posisi nomor tiga dalam daftar negara terbersih dengan total skor EPI hingga 76,5 dari 100 lho.

Tercatat, Finlandia berhasil meraih skor 93,5 dalam kategori kualitas udara, sementara dalam hal sanitasi, air minum, dan paparan logam berat negara ini mencetak skor sempurna.

5. Malta
Malta merupakan sebuah Negara Kepulauan di bagian Eropa Selatan dengan terdiri dari lima pulau, yang tiga diantaranya merupakan berpenghuni.

Malta menempati posisi keempat dalam peringkat EPI 2022 setelah pada tahun 2020 hanya dapat berpuas diri di peringkat ke-23 sebagai Negara paling bersih di dunia. Berdasarkan total penilain EPI, negara ini meraih skor 75,2 dari 100 dan unggul dalam hal sanitasi, air minum, dan pembuangan emisi gas berbahaya.

Tak hanya itu, negara ini juga berhasil mendapatkan skor sempurna dalam segi kualitas air minum dan emisi nitrous oksida (NOx).

Ini hanya beberapa contoh, dan banyak negara lain juga memiliki upaya yang signifikan untuk mempertahankan kebersihan lingkungan dan kualitas hidup yang tinggi bagi warganya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: negara paling bersih