Tentu Menyehatkan, Ini 7 Makanan yang Dapat Mencegah Penyakit Asam Urat

Tentu Menyehatkan, Ini 7 Makanan yang Dapat Mencegah Penyakit Asam Urat

Tentu Menyehatkan, Ini 7 Makanan yang Dapat Mencegah Penyakit Asam Urat--

 

Setelah sebelumnya membahas mengenai penyebab dan makanan penyebab asam urat, di artikel ini kita akan membahas mengenai makanan yang dapat mencegah terjadinya asam urat. Makanan dengan kandungan purin yang rendah atau moderat serta dapat membantu mengontrol kadar asam urat dalam tubuh meliputi:

1. Buah-buahan
Seperti cherry, stroberi, blueberry, dan ceri, yang dapat membantu mengurangi risiko serangan asam urat.

Buah bery merupakan salah satu buah yang sangat direkomendasikan untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh lho. Hal ini dikarenakan buah bery mengandung antosianin yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi.

Kandungan tersebut diyakini dapat menurunkan kadar asam urat sekaligus meredakan nyeri sendi.

2. Sayuran
Termasuk bayam, kentang, wortel, dan lobak, yang memiliki kandungan purin yang rendah.
Untuk bayam, dianjurkan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsinya karena bayam merupakan sayuran hijau sehat yang kaya zat besi untuk pembentukan sel darah merah. Sayur bayam juga rendah kalori dan kaya serat, cocok untuk kalian yang sedang menjalani diet penurunan berat badan. Tapi, kalian perlu tahu bahwa sayuran hijau, termasuk bayam, memiliki kandungan purin yang tinggi.

3. Produk susu rendah lemak
Susu, yogurt, dan keju rendah lemak dapat membantu mengendalikan kadar asam urat. Baik susu segar maupun produk olahan susu, seperti yogurt dan keju yang rendah lemak memiliki manfaat yang baik bagi penderita asam urat. Protein dalam kandungan susu rendah lemak bermanfaat untuk melancarkan pembuangan asam urat melalui urine sehingga dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah sekaligus mengurangi risiko kambuh.

Baca juga: Bukan hanya daging merah, ada beberapa Jenis Makanan yang Pantang untuk Penderita asam urat! Berikut 9 Makanan Pemicu Asam Urat

4. Biji-bijian utuh
Seperti beras merah, quinoa, dan barley, yang kaya akan serat dan memiliki kandungan purin yang lebih rendah. Biji-bijian, seperti oat, quinoa dan barley, diketahui bisa menjadi makanan penurun asam urat yang aman dikonsumsi. Jenis makanan ini mengandung protein nabati tinggi yang baik untuk tubuh.

Menurut penelitian, penderita asam urat tinggi yang mengonsumsi makanan tinggi protein nabati memiliki kadar asam urat yang lebih rendah dibandingkan dengan penderita yang mengonsumsi makanan dengan protein hewani. Penelitian tersebut juga menyatakan makanan tinggi protein nabati tidak berpotensi memicu kekambuhan asam urat.

5. Teh Hijau
Sudah dari jaman dulu kegunaan teh hijau ini selalu digunakan sebagai obat tradisional untuk berbagai macam masalah kesehatan. Bukan hanya baik untuk perawatan dan kesehatan kulit dan wajah saja, ternyata teh hijau ini juga bagus untuk menurunkan asam urat lho.

Teh hijau mengandung senyawa bernama epigallocatechin gallate (EGCG), yang telah dihubungkan dengan sifat antiinflamasi dan antioksidan. Kedua sifat ini yang nantinya dapat membantu melawan peradangan serta oksidasi dalam tubuh, serta bermanfaat untuk mengelola kadar asam urat.

6. Minyak zaitun
Selain berfungsi untuk kesehatan dan kecantikam wajah, minyak zaitun ini Memiliki efek antiinflamasi dan dapat membantu mengurangi risiko peradangan yang terkait dengan asam urat.

7. Air
Tidak salah lagi, kegunaan minum air putih sangatlah berpengaruh terhadap kesehatan tubuh kita. Minum banyak air dapat membantu mengencerkan urin dan membantu tubuh dalam menghilangkan asam urat.

Konsumsi air putih sebanyak dua liter perhari untuk membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Sehingga tubuh akan meminimalisir penyakit-penyakit yang ada di dalam tubuh.

Mengonsumsi makanan ini sebagai bagian dari pola makan sehat dapat membantu mengurangi risiko serangan asam urat. Selain itu, membatasi konsumsi alkohol dan makanan tinggi purin juga penting dalam pencegahan asam urat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: asam urat