Bayi Tidak Mau Menyusu? Ini Dia Penyebab Bayi Tidak Mau Minum ASI

Bayi Tidak Mau Menyusu? Ini Dia Penyebab Bayi Tidak Mau Minum ASI

Penyebab Bayi Tidak Mau Menyusu-(Foto/pampers.co.uk)-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Setiap bayi memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Umumnya, pada 24-48 jam pertama setelah kelahiran, banyak bayi menunjukkan ketidakminatan untuk menyusu. Namun, ketika memasuki hari kedua dan ketiga, kebanyakan bayi sudah lebih terjaga dan cenderung menyusu lebih sering, minimal sekitar enam kali dalam 24 jam.

 

ASI memiliki peran penting sebagai sumber nutrisi utama bagi bayi. Meskipun menyusui pada awalnya mungkin menantang bagi ibu untuk menyesuaikan diri, Moms mungkin merasa bingung dan bertanya-tanya apakah bayi mendapat cukup ASI.

 

Ada tanda-tanda yang dapat diperhatikan jika bayi menolak untuk menyusu secara langsung, dan ini mungkin menjadi pengalaman yang dialami oleh banyak ibu. Pada saat bayi menolak menyusu, Moms mungkin merasa kebingungan tentang langkah yang harus diambil.

 

Namun, penting untuk diingat bahwa ASI merupakan sumber nutrisi yang sangat penting untuk perkembangan bayi. Penolakan untuk menyusu dalam jangka waktu yang lama dapat meningkatkan risiko kekurangan nutrisi pada anak.

 

Terdapat beberapa penyebab bayi tidak mau menyusu, apa saja? Simak yuk Moms!

 

Penyebab Bayi Tidak Mau Menyusu

 

Bayi Mengalami Kesulitan Mengisap Puting

 

Adalah hal yang lumrah jika bayi yang baru lahir masih mengalami kesulitan dalam mengisap puting payudara ibu dan menemui kendala. Ketika bayi belum mampu mengisap atau mengaitkan puting payudara dengan benar, aliran ASI menjadi terhambat, membuatnya sulit untuk menyusu.

 

Meskipun bayi mungkin merasa lapar dan ingin menyusu, kesulitan dalam mengisap dapat menghambat proses tersebut. Semakin lapar bayi, semakin sulit baginya untuk mengisap dengan efektif. Kondisi ini sering kali membuat bayi merasa frustrasi dan akhirnya menolak untuk menyusu langsung dari payudara ibu.

 

Mengalami Bingung Puting

 

Bayi yang mengalami kebingungan dengan puting sering kali kesulitan menyesuaikan antara mengisap puting ibu dan botol susu. Selain itu, cara bayi menghisap dot susu bisa menyebabkan ketidaknyamanan saat mencoba menghisap ASI langsung dari payudara ibu.

 

 Beberapa penyebab dari kebingungan puting meliputi:

 

1. Perbedaan kebiasaan membuka mulut

 

Bayi kadang memiliki kebiasaan membuka mulut dengan cara yang berbeda ketika menyusu langsung dari payudara ibu dan saat menggunakan dot. Saat menyusu dari payudara, mereka perlu membuka mulut lebar-lebar, sedangkan ketika menggunakan dot, mereka mungkin tidak perlu membuka mulutnya sebesar itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: