5 Spesies Kura Kura yang Cocok Jadi Hewan Peliharaan di Rumah, Ada Kura Kura Brazil

5 Spesies Kura Kura yang Cocok Jadi Hewan Peliharaan di Rumah, Ada Kura Kura Brazil

Spesies Kura Kura-Spesies Kura Kura-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Jenis kura-kura sebagai hewan peliharaan umunya dibedakan menjadi dua, yaitu kura-kura air tawar dan kura-kura darat. Kura-kura air tawar dikenal sebagai turtle, membutuhkan air sebagai habitatnya agar dapat bertahan hidup lebih lama. Sedangkan kura-kura darat, atau tortoise, lebih sering menghabiskan waktu hidupnya di darat atau tanah. Oleh karena itu, jika Anda ingin memelihara kura0kura kamu harus tau do habitat mana ia berasal di tanah atau air.

Kura Kura memiliki cangkang atau tempurung yang memberikan karakteristik khas dan memperpanjang umur mereka. Kura-kura juga memiliki bentuk dan pola yang menarik, sehingga banyak orang tertarik untuk merawatnya. Tidak mengherankan jika ada yang bersedia mengeluarkan biaya besar untuk memelihara kura-kura ini.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena masih ada beberapa spesies kura-kura yang dijual dengan harga yang terjangkau. Hal ini membuatnya cocok bagi Anda yang masih pemula dalam merawat reptil, termasuk kura-kura

Spesies Kura Kura yang Cocok Jadi Hewan Peliharaan di Rumah

Berikut ini jenis kura-kura yang bisa Kamu jadikan hewan peliharaan di rumah: 

1. Jenis Kura-kura Brazil

Kura-kura Brazil, juga dikenal sebagai Red Ear Slider Turtle, adalah jenis kura-kura yang dinamakan demikian berdasarkan corak merah pada telinganya. Jenis ini termasuk dalam kura-kura air tawar dengan nama ilmiah Trachemys scripta elegans, yang telah menjadi populer sebagai hewan peliharaan. Harga kura-kura Brazil relatif terjangkau dibandingkan dengan jenis lainnya.

Anda dapat membeli kura-kura Brazil dengan harga mulai dari Rp 50.000,- hingga Rp 400.000,- tergantung pada usia dan ukurannya. Kura-kura Brazil biasanya memiliki ukuran sedang, dengan ukuran maksimal sepanjang 35 sentimeter. Mereka dapat hidup antara 20 hingga 30 tahun sebagai hewan peliharaan.

 

2. Jenis Kura-kura Ambon

Kura-kura Ambon adalah jenis kura-kura asli Indonesia yang memiliki nama ilmiah Cuora amboinensis. Jenis ini dapat ditemukan di wilayah Ambon, Maluku, dan telah menyebar ke kawasan lain seperti Malaysia hingga daratan India. Kura-kura Ambon memiliki ciri khas tempurung bulat yang kokoh. Mereka biasanya berukuran sedang dan dapat hidup hingga 30 tahun.

Kura-kura Ambon termasuk dalam jenis kura-kura air tawar dengan harga yang masih terjangkau, berkisar mulai dari Rp 60.000,- hingga Rp 350.000,-. Perlu diingat bahwa kura-kura Ambon termasuk dalam daftar hewan yang rentan punah di alam liar menurut data dari IUCN Red List. Oleh karena itu, penting untuk bijaksana dalam memilih untuk memeliharanya dari hasil budidaya, bukan tangkapan dari alam liar.

 

3. Jenis Kura-kura Pipi Putih

Kura-kura pipi putih memiliki nama ilmiah Siebenrockiella crassicollis dan termasuk dalam jenis kura-kura air tawar. Mereka juga dikenal dengan nama Malaysian Black Mud Turtle, Black Mud Terrapin, dan Smiling Terrapin. Ciri khasnya adalah corak putih di sisi kepala dan rahang yang melengkung menyerupai senyuman.

Habitat asli kura-kura pipi putih adalah kawasan Asia Tenggara, seperti Kalimantan, Jawa, Thailand, Sumatera, hingga Semenanjung Malaya. Harga kura-kura pipi putih masih terjangkau, berkisar antara Rp 70.000,- hingga Rp 300.000,-.

 

4. Jenis Kura-kura Matahari

Kura-kura matahari adalah salah satu spesies kura-kura yang ditemukan di Indonesia, yang memiliki tempurung yang unik dan eksotis. Hewan ini dikenal dengan nama ilmiah Heosemys spinosa dan juga dikenal sebagai kura-kura duri karena tepi tempurungnya yang memiliki duri-duri tajam.

Sebaran kura-kura matahari di Indonesia meliputi wilayah Kalimantan, Sumatera, serta beberapa pulau di sekitarnya seperti Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Natuna, dan Nias. Kura-kura semi-akuatik ini memiliki ukuran dewasa yang cukup besar, dengan panjang tubuh berkisar antara 18-22 cm dan berat 1-2 kg. Mendapatkan kura-kura matahari relatif mudah di beberapa toko hewan peliharaan, dengan harga berkisar antara Rp 300 ribu hingga Rp 700 ribu.

 

5. Jenis Kura-kura Forsteni

Selain kura-kura air tawar, Indonesia juga memiliki jenis kura-kura darat yang populer sebagai hewan peliharaan, salah satunya adalah kura-kura Forsteni. Kura-kura ini memiliki nama ilmiah Indotestudo forstenii dan merupakan hewan endemik Pulau Sulawesi.

Kura-kura Forsteni memiliki ciri khas berwarna kuning gading dengan pola hitam yang melapisi seluruh tempurungnya. Meskipun merupakan kura-kura darat, namun mereka lebih memilih habitat yang lembab, seperti di sekitar aliran sungai. Kura-kura Forsteni termasuk spesies yang jarang ditemukan dan sulit untuk dikembangbiakkan, sehingga harganya cukup tinggi, berkisar antara Rp 3 juta hingga Rp 6 juta.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: