Manfaat Tidur Gelap Gelapan Yang Baik Untuk Otak

Manfaat Tidur Gelap Gelapan Yang Baik Untuk Otak

Manfaat Tidur Gelap Gelapan Yang Baik Untuk Otak--

Selain bagus untuk kesehatan badan, tidur dengan lampu gelap juga sangat bagus untuk otak lho. Dengan dimatikannya lampu otak bisa beristirahat, sehingga ketika bangun nanti badan dan kepala akan terasa lebih segar.

Tidur dalam kegelapan atau dengan lampu mati memiliki beberapa manfaat bagi otak kalian lho:

 

1. Meningkatkan produksi melatonin

Paparan cahaya yang terang, terutama cahaya biru dari lampu atau layar gadget, dapat mengganggu produksi hormon melatonin yang penting untuk mengatur siklus tidur dan bangun. Tidur dalam kegelapan membantu meningkatkan produksi melatonin, yang membantu kalian tertidur lebih cepat dan tidur lebih nyenyak.

2. Memperbaiki kualitas tidur

Cahaya yang terang dapat mengganggu kualitas tidur kalian, mengurangi fase tidur yang dalam dan mengganggu siklus tidur yang normal. Tidur dalam kegelapan membantu memperbaiki kualitas tidur kalian, sehingga otak kalian dapat melakukan proses pemulihan yang lebih baik selama tidur.

 

Baca juga: Ternyata Ini Lho 5 Manfaat Tidur Dengan Lampu Yang di Matikan Untuk Kesehatan

 

3. Memperkuat koneksi otak

Saat kalian tidur, otak kalian melakukan sejumlah proses penting, termasuk konsolidasi memori dan pembentukan koneksi baru antara neuron. Tidur dalam kegelapan membantu memfasilitasi proses-proses ini, meningkatkan kemampuan otak kalian untuk belajar dan mengingat informasi baru.

4. Memulihkan energi otak

Tidur dalam kegelapan memungkinkan otak kalian untuk beristirahat dan memulihkan energinya setelah seharian bekerja keras. Hal ini dapat membantu meningkatkan kinerja kognitif kalian, termasuk daya ingat, konsentrasi, dan pemecahan masalah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kesehatan otak