6 Fakta Menarik Daun Catnip, Tanaman yang bisa bikin Kucing Mabuk

6 Fakta Menarik Daun Catnip, Tanaman yang bisa bikin Kucing Mabuk

6 Fakta Menarik Daun Catnip, Tanaman yang bisa bikin Kucing Mabuk-6 Fakta Menarik Daun Catnip, Tanaman yang bisa bikin Kucing Mabuk-

 

4. Catnip memicu reaksi kimia di otak kucing

 

Melalui senyawa aktif nepetalactones. Tanaman ini termasuk dalam genus Nepeta dan secara alami menghasilkan nepetalactones. Ekstrak catnip juga dapat berfungsi sebagai penolak serangga, sementara senyawa lainnya mirip dengan feromon. Ketika kucing mengonsumsi atau menghirup catnip, reaksi kimia di otak dapat menyebabkan euforia energik atau ketenangan.

 

5. Catnip dapat diolah menjadi teh

 

Beberapa orang percaya bahwa tanaman ini efektif meredakan sakit kepala dan insomnia pada manusia. Meskipun sebagian besar tanaman catnip dapat menyebabkan rasa kantuk, pada orang lain tanaman ini memiliki efek stimulatif. Konsumsi berlebihan pada manusia, seperti pada kucing, dapat menyebabkan mual dan muntah.

 

6. Catnip memiliki potensi sebagai obat kanker

 

Karena penelitian menunjukkan bahwa tanaman ini menghasilkan zat terpene melalui dua proses yang mirip dengan pembuatan obat anti kanker vincristine dan vinblastine. Para peneliti menduga kemungkinan adanya persamaan ini dalam pencampuran obat anti kanker.

 

Meski begitu, penelitian tersebut masih terus dilakukan dan belum ada hasil final terkait potensi catnip sebagai obat kanker.

 

Kucing Bisa Mabuk Hanya Dengan menghirup Aromanya 

 

Hanya dengan satu atau dua hirupan, kucing dapat tampak sepenuhnya "mabuk", menunjukkan tanda-tanda seperti menjilati, memproduksi-guling, dan bahkan mendengarkan catnip dengan penuh kebahagiaan. Umumnya, efek ini akan berlangsung sekitar 10 menit bagi sebagian besar kucing. Meskipun sebagian kucing mungkin menunjukkan reaksi agresif, ada pula yang merespons catnip dengan perilaku yang lebih tenang dan lembut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: