3 Akses ke Stasiun Kereta Cepat Karawang Masih Dikerjakan, Baru akan Dibuka Tahun Depan, Begini Kondisinya

3 Akses ke Stasiun Kereta Cepat Karawang Masih Dikerjakan, Baru akan Dibuka Tahun Depan, Begini Kondisinya

3 Akses ke Stasiun Kereta Cepat Karawang Masih Dikerjakan, Baru akan Dibuka Tahun Depan, Begini Kondisinya--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Stasiun Kereta Cepat Karawang baru dibuka tahun 2025. Karena saat ini masih membangun 3 akses ke stasiunnya. Lambatnya pengoperasian stasiun kereta cepat Karawang selain karena masih sepi penumpang juga karena akses ke stasiun yang belum rampung.

Stasiun Kereta Cepat Karawang merupakan proyek infrastruktur penting yang memiliki potensi besar untuk mengubah lanskap ekonomi dan transportasi di Karawang dan Jawa Barat. Dengan desain yang modern, fasilitas yang lengkap, dan akses yang mudah, stasiun ini diharapkan dapat menjadi gerbang baru bagi konektivitas dan kemajuan di wilayah tersebut.

Dan saat ini pihak PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menargetkan layanan naik turun penumpang di stasiun Karawang dibuka pada 2025. Layanan ini baru akan dioperasikan setelah akses jalan menuju stasiun rampung.

BACA JUGA:Promo Opening NUFarina Cilamaya, Tempat Baru Pelayanan Lebih Lengkap Loh!

"Memang saat ini (Stasiun Kereta Cepat Karawang) belum dilakukan untuk layanan naik turun penumpang karena kita masih mengejar percepatan untuk akses menuju Stasiun Karawang ini," kata General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa pada wartawan baru-baru ini.

Ia menjelaskan setidaknya terdapat tiga akses jalan yang sedang dibangun. Satu akses jalan tol yang terhubung dengan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) Km 42 dan dua jalan umum yang terhubung dengan kawasan industri THK dan Deltamas.

 "Saat ini yang sedang disiapkan ada tiga akses ya, yaitu akses jalur tol di KM 42 yang sedang disiapkan oleh pemerintah. Dalam hal ini ada Jasa Marga, PUPR. Nah ini nanti akan ada langsung akses menuju exit tol, jadi lurus ke dari Stasiun Karawang," jelas Eva.

BACA JUGA:Promo Opening NUFarina Cilamaya, Tempat Baru Pelayanan Lebih Lengkap Loh!

"Kemudian ada juga yang kita kerja sama dengan kawasan (industri) THK dan juga (kota industri) Deltamas. Jadi nanti dari kawasan industri THK dan Deltamas hanya sekitar 1 km menuju Stasiun Karawang," terangnya lagi. 

Dikatakan juga, pembangunan akses jalan ini sudah mulai dikerjakan dan masih terus dikebut. Sebagian di antaranya ada yang masih dalam tahap pembebasan lahan, dan lainnya sudah dalam tahap persiapan pembangunan.

"Saat ini semuanya sedang berproses, jadi tidak diam saja, saat ini semuanya sedang berproses. kemudian pembebasan lahan juga sedang dilakukan, kemudian di lapangan juga kalau kita melihat sudah ada mulai persiapan-persiapan untuk konstruksi," ungkap Eva.

BACA JUGA:Nonton Tensei Shitara Slime Datta Ken Season 3 episode 4 Subtitle Indonesia

Masih belum cukup, KCIC juga berencana untuk menyediakan Shuttle Bus dari dan menuju kawasan sekitar stasiun untuk memudahkan calon penumpang nantinya. Pengoperasian layanan ini juga akan dilakukan setelah kawasan stasiun dibuka untuk umum alias melayani naik turun penumpang.

"Ya kita mudah-mudahan berharap tahun depan sudah bisa beroperasi ya untuk (stasiun kereta cepat) Karawang," jelasnya lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: