Aksi Nyata Modul Gizi Remaja di SMPN 2 Pedes Karawang Berdasarkan Kurikulum Merdeka

Aksi Nyata Modul Gizi Remaja di SMPN 2 Pedes Karawang Berdasarkan Kurikulum Merdeka

Modul Gizi Remaja di SMPN 2 Pedes.--

Oleh   : Hoeriah, S.Pd.I 

(Guru SMPN 2 Pedes Karawang)

KESEHATAN anak usia sekolah dan remaja saat ini menentukan derajat kesehatan generasi bangsa di masa depan. Kita perlu mempersiapkan mereka menjadi sumber daya manusia yang berkualitas, salah satunya melalui pendidikan kesehatan agar mereka mampu menghindari diri dari permasalahan yang dapat berdampak buruk terhadap kesehatan melalui perilaku hidup bersih dan sehat.

Permasalahan yang dihadapi oleh anak usia sekolah dan remaja cukup kompleks. Banyak penyakit serius akibat perilaku yang dimulai sejak masa remaja misalnya merokok, penyakit menular seksual, kurang gizi, kurang olahraga, dsb. Ketersediaan akan akses terhadap informasi yang baik dan akurat, serta pengetahuan untuk memenuhi keingintahuan anak usia sekolah dan remaja, akan memengaruhi keterampilan mereka dalam mengambil keputusan untuk berperilaku sehat.

Pendidikan Gizi

Diketahui pendidikan gizi merupakan upaya untuk mengubah sikap dan perilaku untuk mendukung pemenuhan gizi seimbang pada peserta didik.

Pemenuhan gizi seimbang sangat penting dilakukan untuk meningkatkan pencapaian pertumbuhan dan perkembangan peserta didik yang optimal sehingga mereka dapat mengikuti proses pembelajaran secara mandiri.

 

 

 

Kegiatan

Kegiatan pendidikan gizi di Sekolah/Madrasah terdiri dari:

1. Pemahaman akan gizi seimbang atau Isi Piringku, termasuk contoh pada saat acara-acara yang diselenggarakan di sekolah (rapat komite sekolah, acara kesenian, ulang tahun sekolah, Hari Guru, dan sebagainya).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: