Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Puluhan Ribu Hewan Kurban Diprediksi Masuk Kabupaten Bekasi

Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Puluhan Ribu Hewan Kurban Diprediksi Masuk Kabupaten Bekasi

Sebanyak 26 ribu lebih hewan kurban diprediksi akan memasuki wilayah Kabupaten Bekasi pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.--(foto : karawangbekasi.disway.id)

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Sebanyak 26 ribu lebih hewan kurban diprediksi akan memasuki wilayah Kabupaten Bekasi pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

Jumlah itu merupakan taksiran Bidang Kesehatan Hewan (Keswan) dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Dinas Pertanian setempat.

Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi, Dwian Wahyudiharto mengatakan jumlah itu merupakan kalkulasi dari jumlah yang masuk pada tahun 2023 lalu.

Pada tahun 2023 lalu, ada 26 ribu lebih hewan kurban yang masuk wilayah Kabupaten Bekasi. Jumlah itu terdiri dari sapi sebanyak 12 ribu ekor serta kambing dan domba masing-masing 7 ribu ekor.

BACA JUGA:Minimarket di Cikampek Dibobol Maling, Kamera CCTV dan Uang Puluhan Juta Raib

BACA JUGA:Cerita Aep Saksi Kunci Kasus Pembunuhan Vina, Ini yang Dilihat Pemuda Tersebut saat Kejadian 8 Tahun Lalu

“Prediksi kita tahun ini akan mengalami kenaikan hewan kurban yang masuk ke Kabupaten Bekasi kiranya mencapai 5 persen,” kata Dwian Wahyudiharto, Rabu (22/05).

Dwian menyebut hewan kurban itu mayoritas berasal dari para peternak yang ada di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, NTT serta Lampung.  “Sementara untuk sapi, kambing dan domba lokal perkiraan hanya 10-15 persen,” kata dia.

Menyikapi tingginya hewan qurban yang masuk ke wilayahnya, Dinas Pertanian akan melakukan pengawasan untuk memastikan hewan tersebut terhindar dari penyakit seperti PMK, LSD dan lainnya  atau dalam kondisi aman, sehat, utuh dan halal.

BACA JUGA:Prakiraan Cuaca Jawa Barat 22 Mei 2024, Termasuk Cikarang, Karawang, Purwakarta dan Sekitarnya

BACA JUGA:Sayap Partai PDIP Taruna Merah Putih Karawang Kawal Obor Api Perjuangan

“Monitoring sudah kita lakukan sejak 2 minggu lalu dan nanti akan ada pelepasan tim pengawas kesehatan hewan kurban pada awal Juni mendatang,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: