Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Berangjat Ibadah Haji

Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Berangjat Ibadah Haji

Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Berangjat Ibadah Haji-Hal-Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Berangjat Ibadah Haji-Foto: Dream.co.id

 

Persiapan Mental dan Emosional

1. Kesiapan Mental

   - Menguatkan mental dan emosi untuk menghadapi berbagai situasi yang mungkin terjadi selama perjalanan dan pelaksanaan haji, termasuk keramaian, cuaca ekstrem, dan perubahan kondisi.

2. Manajemen Waktu

   - Membiasakan disiplin waktu untuk mengikuti jadwal kegiatan selama di Tanah Suci dan mengoptimalkan waktu untuk ibadah.

 

Persiapan Sosial

1. Komunikasi

   - Memastikan cara komunikasi dengan keluarga di tanah air, baik melalui telepon, pesan singkat, atau aplikasi komunikasi lainnya. Komunikasikan segala hal dan keperluan yang tidak diketahui kepada agen travel yang kalian sewa untuk ibadah nanti. Pastikan jangan sampai ada yang tertinggal.

2. Informasi Kontak Darurat

   - Menyimpan kontak penting seperti kontak pihak penyelenggara haji, kelompok bimbingan haji, serta kontak kedutaan atau konsulat.

 

Dengan persiapan yang matang di aspek spiritual, fisik, logistik, mental, dan sosial, diharapkan ibadah haji dapat dilaksanakan dengan lancar, khusyuk, dan penuh keberkahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: ibadah jaji