Amalan Puasa Sunnah Jelang Idul Adha, Dapat Pahala Berlipat Ganda

Amalan Puasa Sunnah Jelang Idul Adha, Dapat Pahala Berlipat Ganda

Amalan Puasa Sunnah Jelang Idul Adha, Dapat Pahala Berlipat Ganda-Amalan Puasa Sunnah Jelang Idul Adha, Dapat Pahala Berlipat Ganda-

 

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Hari Raya Idul Adha selalu menjadi momen berbahagia bagi umat Muslim. Penentuan tanggalnya dilakukan oleh Kementerian Agama. Namun, tahukah kamu bahwa ada ibadah sunnah yang memiliki pahala besar sebelum kita melaksanakan salat Idul Adha dan berkurban?

 

Jenis Puasa Sunah Menjelang Idul Adha

 

Ibadah sunnah tersebut adalah puasa. Menjelang Idul Adha, terdapat tiga puasa sunnah yang dianjurkan bagi umat Muslim yang tidak melaksanakan ibadah haji, agar mereka dapat merasakan kenikmatan yang sama seperti para jamaah haji. Setiap puasa yang dianjurkan memiliki pahala yang berbeda-beda.

BACA JUGA:Keutamaan Menikah Menurut Agama Islam, Wajib Dipahami

 

1.   1. Puasa Dzulhijah

 

Puasa Dzulhijjah dilakukan selama tujuh hari, dimulai dari tanggal 1 Dzulhijjah hingga 7 Dzulhijjah. Meskipun dilaksanakan selama tujuh hari berturut-turut, keutamaan yang diperoleh dari puasa Dzulhijjah berbeda-beda setiap harinya.

 

Hari ke-1 Dzulhijjah: Allah SWT mengampuni Nabi Adam AS di Arafah, maka diampunilah dosa-dosa orang yang berpuasa di hari itu.

 

Hari ke-2 Dzulhijjah: Allah SWT mengabulkan doa Nabi Yunus AS dan mengeluarkannya dari perut ikan nun, maka berpuasa di hari itu seperti ibadah dan puasa satu tahun tanpa maksiat.

 

Hari ke-3 Dzulhijjah: Allah SWT mengabulkan doa kesabaran Nabi Zakariya AS yang memohon dikaruniai keturunan, maka akan dikabulkan doa umat yang berpuasa di hari itu.

 

Hari ke-4 Dzulhijjah: Nabi Isa AS dilahirkan ke dunia, maka berkah dan kesusahan dihilangkan, dan mereka akan dikumpulkan bersama orang-orang mulia di hari kiamat.

 

Hari ke-5 Dzulhijjah: Nabi Musa AS dilahirkan dan derajatnya diangkat. Mereka yang berpuasa di hari itu akan terbebas dari sifat munafik dan dari siksa kubur.

 

Hari ke-6 Dzulhijjah: Allah SWT membukakan pintu kebaikan bagi semua Nabi. Mereka yang berpuasa di hari itu akan dilihat Allah SWT dengan penuh rahmat dan kasih sayang.

 

Hari ke-7 Dzulhijjah: Mereka yang berpuasa di hari itu akan dihindarkan dari 30 pintu kesulitan dan dibukakan 30 pintu kemudahan.

 

Jangan lupa untuk membaca niat puasa Dzulhijjah:

 

"Nawaitu shauma syahri Dzilhijjati sunnatan lillahi ta’ala."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: