Ajak Masyarakat Tanamkan Nilai Pancasila, Pesan Pj Bupati Purwakarta saat Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

Ajak Masyarakat Tanamkan Nilai Pancasila, Pesan Pj Bupati Purwakarta saat Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta ikut memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni ini dengan upacara bersama jajaran dan Forkopimda di Halaman Kantor Bupati, Sabtu (1/6) kemarin.

Dalam kesempatan ini juga, Pj Bupati Purwakarta Benni Irawan yang bertindak sebagai inspektur upacara ikut membacakan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi.

Benni menuturkan bahwa hari lahir Pancasila ini merupakan momentum peringatan peristiwa ketika Bung Karno sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidato pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

BACA JUGA:Diskominfo Purwakarta Terus Maksimalkan Pelayanan Publik

Tema Hari Lahir Pancasila tahun ini adalah “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Men

"Pada momentum Hari Lahir Pancasila kali ini, mari kita saling bergotong-royong dan berkolaborasi untuk menjaga kerukunan dan keutuhan bangsa ini, sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila," ujar Benni.

Ia berharap pada momentum Hari Lahir Pancasila, dapat memompa semangat seluruh elemen masyarakat untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di tingkat dunia.

"Mari kita syukuri, karena sebagai bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara," katanya.

BACA JUGA:Rayakan Hari Spesial dengan Promo Spesial, Aston Bagi-bagi Logam Mulia Gratis

Menurut dia, kehadiran Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. 

Sebab dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong.

"Keberagaman yang ada merupakan anugerah dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika," katanya.

Jadi pada momentum yang sangat bersejarah ini, Benni mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bahu-membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

BACA JUGA:Indomaret dan Selection Gelar Pelatihan Kader Posyandu Kabupaten Purwakarta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: