Penyebab dan Gejala Mata Ikan, Kutil, dan Kapalan Berikut Cara Pengobatanya.

Penyebab dan Gejala Mata Ikan, Kutil, dan Kapalan Berikut Cara Pengobatanya.

Mata ikan, kutil, dan kapalan -Mata ikan, kutil, dan kapalan -

 

 

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Mata ikan, kutil, dan kapalan adalah kondisi di mana kulit mengalami penebalan. Ada beberapa metode untuk menghilangkan Mata ikan, kutil, dan kapalan, salah satunya adalah menggunakan obat oles yang mengandung zat keratolitik, seperti asam salisilat.

 

Biasanya, mata ikan, kutil, dan kapalan terjadi di kaki dan tangan, tetapi juga dapat muncul di bagian tubuh lainnya. Kapalan umumnya tidak menyebabkan nyeri, sementara mata ikan dan kutil dapat terasa sakit jika ditekan atau tergesek.

 

Penyebab dan Gejala Mata Ikan, Kutil, dan Kapalan

 

Baik mata ikan maupun kapalan timbul sebagai bentuk perlindungan kulit terhadap gesekan atau tekanan yang berulang-ulang. Faktor-faktor seperti pemakaian sepatu yang tidak pas, sering tidak menggunakan kaos kaki, bermain alat musik seperti gitar, atau sering menggunakan perkakas tangan dapat meningkatkan risiko terbentuknya mata ikan atau kapalan. Kedua kondisi ini tidak menular.

BACA JUGA:Ini Lho 10 Perbedaan Sekolah di Indonesia dan Luar Negeri yang Harus Kamu Tahu

 

Sementara itu, kutil disebabkan oleh virus dari kelompok human papillomavirus (HPV). Virus HPV ini merangsang pertumbuhan sel yang menyebabkan lapisan kulit menjadi menebal dan mengeras. Kutil adalah penyakit menular yang dapat ditularkan melalui kontak kulit langsung atau berbagi barang pribadi seperti handuk atau pisau cukur dengan individu yang terinfeksi kutil.

 

Berikut ini adalah beberapa tanda dan gejala dari ketiga penyakit kulit tersebut:

 

·  Mata ikan

 

Mata ikan ditandai oleh ukuran kecil, tebal, kering, dan memiliki inti keras yang dikelilingi oleh kulit yang meradang. Biasanya tumbuh di area kaki yang tidak menopang beban, seperti bagian atas telapak kaki atau jari-jari kaki. Namun, bisa juga muncul di sekitar lengkung kaki dan tumit. Ketika tertekan, mata ikan pada telapak kaki dapat menimbulkan rasa nyeri.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: