3 Hal yang Membedakan Ikan Mujair hias dengan Mujair Biasa

3 Hal yang Membedakan Ikan Mujair hias dengan Mujair Biasa

Shubunkin G--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID-  Ikan mujair dikenal sebagai ikan konsumsi yang sering diolah menjadi hidangan lezat. Namun, ada juga varietas ikan mujair yang menarik untuk dipelihara di akuarium. Secara fisik, ikan mujair hias memiliki keindahan yang menarik untuk dilihat. Mari kita bahas beberapa varietas ikan mujair hias yang cocok untuk dipelihara di akuarium!

BACA JUGA:5 Jenis Ikan Mujair Hias Asal Asia Timur Cocok Banget Dipelihara di Akuarium

Ikan mujair (Oreochromis mossambicus) adalah ikan air tawar yang populer untuk budidaya dan konsumsi di Indonesia. Aslinya berasal dari perairan air tawar dan payau di sebagian tenggara Afrika, termasuk Mozambik, Malawi, Zambia, Zimbabwe, dan Sungai Bushman di Afrika Selatan. Sejak awal 1930-an, ikan mujair diperkenalkan ke berbagai wilayah di dunia sebagai ikan budidaya dan untuk mengendalikan populasi tumbuhan air dan serangga liar.

 1.   Penampilan Mujair Hias Jauh Lebih Cantik

Di sisi lain, mujair hias memiliki penampilan yang menarik dengan warna cerah dan pola yang indah. Mereka sering memiliki ekor yang lebih panjang atau bentuk tubuh yang unik, sedangkan mujair yang biasa dikonsumsi cenderung memiliki penampilan yang lebih sederhana.

2.      Ikan mujair hias umumnya dipelihara untuk tujuan estetika dan keindahan,

Mujair Hias seringkali sebagai tambahan dalam akuarium atau kolam hias. Sementara mujair yang biasa dikonsumsi dibudidayakan terutama untuk tujuan konsumsi manusia, di mana ikan ini biasanya diproduksi dalam skala komersial untuk dijual sebagai bahan makanan.

3.      Cara Merawat Mujair Hias Jauh Lebih Sulit

Perawatan untuk ikan mujair hias mungkin berbeda dari mujair biasa yang dikonsumsi karena tujuan budidayanya yang lebih estetis. Ikan mujair hias mungkin membutuhkan perawatan tambahan seperti pakan khusus atau lingkungan yang lebih terkontrol untuk menjaga penampilan dan kesehatannya.

 

1.       4.  Harga Jual Lebih Tinggi

Biasanya, ikan mujair hias memiliki harga jual yang lebih tinggi dibandingkan mujair biasa yang dikonsumsi, karena nilai estetika dan keunikan mereka. Harga ikan mujair hias sering ditentukan oleh faktor-faktor seperti warna, ukuran, dan kualitas individu ikan tersebut.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: