Mitos-Mitos di Tanggal Satu Suro, Ada Yang Kamu Percaya?

Mitos-Mitos di Tanggal Satu Suro, Ada Yang Kamu Percaya?

Mitos-Mitos di Tanggal Satu Suro, Ada Yang Kamu Percaya?--Grid.id

Tanggal satu Suro atau 1 Muharram dalam kalender Jawa dan Hijriah sering kali dianggap sebagai hari yang penuh dengan mitos dan kepercayaan oleh beberapa masyarakat Jawa. Seperti dilarang melangsungkan pernikahan sampai ada yang menyebutnya sebagai hari keramat. Beberapa mitos yang terkait dengan tanggal satu Suro antara lain:

 

Mitos Tanggal Satu Suro

1. Hari Keramat: Tanggal satu Suro dianggap sebagai hari yang keramat serts penuh dengan energi spiritual. Banyak orang yang percaya bahwa ini adalah waktu yang baik untuk mendekatkan diri kepada Tuhan melalui doa dan ritual keagamaan.

2. Menghindari Aktivitas Besar: Banyak orang Jawa yang percaya bahwa memulai aktivitas atau kegiatan besar, seperti pernikahan, pindah rumah, atau memulai usaha baru pada tanggal satu Suro dapat membawa nasib yang buruk lho. Oleh karena itu, pada tanggal satu Suro ini mereka cenderung menunda kegiatan-kegiatan penting hingga bulan Suro berlalu.

3. Larangan Keluar Malam: Ada kepercayaan bahwa keluar rumah pada malam satu Suro bisa membawa malapetaka atau kesialan. Banyak orang memilih untuk tetap di rumah dan melakukan doa bersama keluarga.

4. Pembersihan Diri: Mandi atau berendam di mata air, sungai, atau laut pada malam satu Suro diyakini dapat membersihkan diri dari energi negatif dan penyakit. 

5. Ritual dan Upacara: Beberapa komunitas adat biasanya akan mengadakan berbagai ritual dan upacara untuk mengusir roh jahat dan memohon perlindungan. Ritual atau upacara ini bisa berupa selamatan, zikir bersama, atau kirab pusaka.

 

Baca juga: 7 Amalan Amalan Ini Bisa Kamu Kerjakan di Tanggal satu suro, Berlimpah Pahala!

 

6. Larangan Berselisih: Dipercayai bahwa bertengkar atau berselisih pada tanggal satu Suro bisa mendatangkan kutukan atau kesialan bagi yang berselisih. Terlepas dari itu, berselisih dengan siapapun bukanlah merupakan perbuatan yang baik. Maka, senantiasa untuk selalu menjaga hubungan dengan siapapun dengan baik.

 

7. Pantangan Makan: Ada yang mempercayai bahwa menghindari makanan tertentu pada tanggal satu Suro dapat membawa keberuntungan dan kesehatan yang baik lho. Apakah kamu percaya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: