7 Amalan Amalan Ini Bisa Kamu Kerjakan di Tanggal satu suro, Berlimpah Pahala!

7 Amalan Amalan Ini Bisa Kamu Kerjakan di Tanggal satu suro, Berlimpah Pahala!

7 Amalan Amalan Ini Bisa Kamu Kerjakan di Tanggal satu suro, Berlimpah Pahala!--Surya.co.id

Amalan Amalan Ini Bisa Kamu Kerjakan di Tanggal satu suro, Berlimpah Pahala!

Bulan Suro atau yang juga dikenal sebagai bulan Muharram dalam kalender Islam, adalah bulan pertama dalam kalender Jawa dan Hijriah. Di berbagai daerah di Indonesia, terkhusus di pulau Jawa, Bulan Suro dianggap sebagai bulan yang keramat. Beberapa amalan yang sering dilakukan pada Bulan Suro antara lain:

 

Amalan Bulan Suro

1. Tirakatan dan Selamatan: Banyak orang Jawa yang melakukan prosesi tirakatan (berjaga sepanjang malam dengan berdoa dan berzikir) dan selamatan (perjamuan makanan sebagai wujud syukur) untuk memohon keselamatan dan keberkahan di bulan ini. Biasanya kegiatan ini sering dilakukan oleh orang Jawa, terkhusus Jawa Tengah dan Jawa Timur.

 

2. Puasa Suro: Melakukan ibadah puasa merupakan salah satu kegiatan yang dapat menambah pahala. Beberapa orang memilih untuk melakukan berpuasa, terutama pada hari-hari tertentu seperti tanggal 10 Muharram yang dikenal sebagai Hari Asyura.

 

3. Mandi Suro: Tradisi mandi suro ini dilakukan dengan maksud membersihkan diri secara fisik dan spiritual. Biasanya dilakukan di mata air, sungai, atau laut.

 

4. Nyadran: Adalah kegiatan yang dilakukan dengan mengunjungi makam leluhur dan membersihkannya, setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan berdoa untuk mendoakan mereka.

 

5. Kirab Pusaka: Beberapa kerajaan dan komunitas adat mengadakan kirab atau arak-arakan pusaka atau benda-benda keramat sebagai simbol penghormatan terhadap warisan budaya dan leluhur.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: