8 Ide Seru Memperingati Tahun Baru Islam di Sekolah, Banyak Pahala dan Penuh Manfaat

8 Ide Seru Memperingati Tahun Baru Islam di Sekolah, Banyak Pahala dan Penuh Manfaat

Pawai Muharram --

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Seiring waktu tanpa terasa tahun baru islam sudah didepan mata. Di moment pergantian tahun ini banyak umat muslim bersuka cita dan berlomba lomba beribadah untuk meningkatkan amalan mereka demi menutup akhir tahun dengan catatan amalan baik. 

Di moment inilah banyak umat muslim yang bemunajat dan berusaha mendekatkan diri dengan allah SWT sebagai sang pencipta. Selain beribadah, moment ini jug dimanfaatkan untuk melaksanakan berbagai tradisi turun temurun yang sudah berlangsung selama puluhan hingga ratusan tahun.

BACA JUGA:Rekomendasi 10 Cabang Lomba Menyambut 1 Muharram di Sekolah, Dijamin Seru Abis

Tahun baru islam disambut penuh suka cita oleh seluruh umat islam tidak terkecuali dengan anak anak sekolah. selain perayaan budaya daerah, tahun baru islam juga dimeriahkan di sekolah sekolah. Biasanya sekolah akan menggelar kegiatan harian menarik untuk memperingati tahun baru islam. 

Perayaan tahun baru silam di sekolah bisa menjadi moment refleksi anak untuk mengingat apa saja yang telah dilakukan selama setahun bulan silam terakir dan memperbaiki diri menjadi anak yang lebih baik di tahun yang akan datang. 

 

Ide Kegiatan Sekolah Memperingati 1 Muharram 

Berikut ini 8 Rekomendasi kegiatan hari Muharrom yang bisa dilakukan di sekolah : 

1. Drama Sejarah Karbala

Salah satu kegiatan yang cocok banget untuk memperingati perayaan Muharron di sekolah adalah dengan menonton drama. Mengadakan pentas drama tentang peristiwa Karbala jadi pilihan yang tepat untuk mengedukasi siswa.

Drama ini bisa menceritakan tentang perjuangan Imam Husain dan keluarganya di Karbala. Melalui drama ini, siswa dapat memahami nilai-nilai keberanian, pengorbanan, dan kesetiaan yang diajarkan dalam Islam.

2. Pengajian Muharram

Tutup akhir tahun baru dengan kebaikan membaca al-qur’an bersam sama sebelum menyambut malam pergantian tahun. Mengadakan pengajian yang membahas tentang makna dan sejarah bulan Muharram.

Kegiatan ini bisa diisi oleh ustadz atau ulama yang kompeten dalam menyampaikan materi tentang keutamaan bulan Muharram, termasuk puasa Asyura dan peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di bulan ini. Pengajian ini bisa dilakukan secara rutin selama bulan Muharram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: