Siap Jadi Juara Kelas, Tips Belajar Efektif Tanpa Les

Siap Jadi Juara Kelas, Tips Belajar Efektif Tanpa Les

Tips Belajar Efektif Tanpa Les-(Pixabay/StockSnap)-

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Seringkali terdengar stereotip bahwa mereka yang mengikuti kursus atau les tambahan pasti lebih pintar daripada yang tidak. Namun, kenyataannya, jika siswa tidak bisa memanfaatkan bimbingan belajar yang diikuti, hasilnya tidak akan maksimal. Sebaliknya juga berlaku. Semua tergantung pada diri masing-masing.

 

Tidak perlu khawatir, berikut adalah tips belajar efektif tanpa les yang bisa kamu lakukan untuk belajar seperti mereka.

BACA JUGA:Inilah Beberapa Tips agar Tetap Produktif di tengah Libur Perkuliahan, Nomor 7 Jarang Dilakukan

 

Buat Jadwal Pasti

 

Membuat jadwal membantu mengingat dan mengatur kegiatan yang ada. Tentukan waktu yang paling nyaman untuk belajar, sesuaikan dengan kesibukanmu.

 

Sebagai contoh, kamu bisa menjadwalkan dua hingga tiga sesi per minggu dengan durasi satu hingga dua jam efektif per sesi.

 

Jangan lupa untuk menjadwalkan waktu istirahat juga. Kamu bisa menulis jadwal di buku catatan atau menempelkannya di dinding.

 

Jika ingin lebih fleksibel, kamu juga dapat membuat desain jadwalmu sebagai wallpaper smartphone. Buatlah semenarik mungkin supaya tidak bosan melihatnya.

 

Cari Sumber Terpercaya

 

Pandemi COVID-19 telah memberikan manfaat berharga bagi para pelajar. Banyak saluran YouTube milik guru sekolah dan bimbingan belajar yang muncul untuk pembelajaran daring.

 

Seringkali, mereka membukanya untuk publik secara gratis. Jadi, sekarang hampir semua materi sekolah dapat ditemukan di internet.

 

Kamu hanya perlu teliti dan sabar dalam mencari saluran yang cocok. Jika masih kurang, kamu bisa meminjam buku dari perpustakaan sekolah.

BACA JUGA:10 Manfaat Belajar sambil Mendengarkan Musik, Benarkah Dapat Menjaga Mood Kamu?

 

Belajar Efektif

 

Mulailah dengan mengenali gaya belajar yang sesuai. Apakah kamu tipe visual (melihat), auditori (mendengar), atau kinestetik (melakukan)?

Dari sana, kamu bisa menentukan apakah perlu belajar dengan lebih banyak melihat ilustrasi, mendengar rekaman, atau memperhatikan video interaktif.

Kenali juga hal-hal yang biasanya mengganggu aktivitas belajarmu. Rajinlah merapikan tempat belajar. Kamu juga bisa mengunduh aplikasi tambahan untuk mencegahmu menyentuh ponsel selama belajar.

 

Konsisten

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: