Rekomendasi Lomba-Lomba yang Cocok untuk Merayakan Tahun Baru Islam 1 Muharam Nanti

Rekomendasi Lomba-Lomba yang Cocok untuk Merayakan Tahun Baru Islam 1 Muharam Nanti

Rekomendasi lomba peringatan Muharam--picture by kaltim.tribunnews.com

Setiap tanggal 1 Muharam diperingati sebagai Tahun Baru Islam. Banyak orang yang menyambutnya dengan bahagia. Mereka akan melakukan berbagai kegiatan untuk memperingatinya.

 

Salah satu perayaannya mulai dari diadakan pengajian seperti tabligh akbar, pawai obor, atau tradisi lainnya yang biasa diadakan di setiap daerah tertentu.

 

Selain dimeriahkan oleh beberapa tradisi di tempat tertentu, kita juga bisa memeriahkannya dengan cara menggelar acara perlombaan lho. Berbagai lomba Muharam ini dapat diikuti oleh anak-anak, remaja, hingga orang tua.

 

Berikut ini ada beberapa rekomendasi perlombaan yang bisa kita lakukan saat Tahun Baru Islam nanti. Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

 

BACA JUGA:7 Tradisi 1 Muharam dari Berbagai Daerah di Indonesia. Dari Kirab sampai Pawai Obor

 

Untuk merayakan Tahun Baru Islam satu Muharam, terdapat beberapa perlombaan yang cocok untuk menyemarakkan perayaan tersebut. Berdasarkan informasi dari sumber yang relevan, berikut adalah beberapa ide perlombaan yang dapat diadakan:

 

1. Lomba-lomba Bertemakan Islam:

Mengadakan lomba-lomba dengan tema Islam yang cocok untuk menyambut Tahun Baru Islam sebagai berikut.

  • lomba ceramah
  • hafalan juz 30
  • hafalan doa-doa harian
  • hadrah/marawis
  • kaligrafi
  • dan nasyid

Sekolah-sekolah juga dapat mengadakan berbagai kegiatan lomba bertema Islami seperti di atas, atau kegiatan lainnya yang mencermintkan perayaan tahun baru Islam.

 

2. Lomba Menabuh Bedug: Perlombaan menabuh bedug merupakan salah satu tradisi yang menarik dan wajib diikuti dalam menyambut Tahun Baru Islam.

 

3. Lomba Tabot: Ritual Tabot merupakan upacara tradisional masyarakat Bengkulu untuk mengenang kisah kepahlawanan cucu Nabi Muhammad SAW, Husein bin Ali bin Abi Thalib, dan dapat menjadi bagian dari perayaan Tahun Baru Islam.

 

4. Lomba Mubeng Benteng: Tradisi Mubeng Benteng dilakukan untuk menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam, di mana peserta mengelilingi kompleks Keraton Yogyakarta tanpa bicara atau bersuara, makan, dan minum, sebagai simbol penerangan dan harapan di tahun yang baru.

 

Dengan mengadakan perlombaan yang bertemakan Islam, seperti lomba-lomba keagamaan, tradisional, dan kreatif, perayaan Tahun Baru Islam satu Muharam dapat menjadi momen yang berkesan dan bermakna bagi masyarakat Muslim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: