Rekomendasi 7 Kegiatan Menarik Untuk Memperingati Hari Muharram di Sekolah

Rekomendasi 7 Kegiatan Menarik Untuk Memperingati Hari Muharram di Sekolah

Pegawai Pemkot Bekasi ikuti Pawai 1 Muharram 1445 H atau 19 Juli 2023--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID Seiring waktu tanpa terasa tahun baru islam sudah didepan mata. Di moment pergantian tahun ini banyak umat muslim bersuka cita dan berlomba lomba beribadah untuk meningkatkan amalan mereka demi menutup akhir tahun dengan catatan amalan baik. 

Di moment inilah banyak umat muslim yang bemunajat dan berusaha mendekatkan diri dengan allah SWT sebagai sang pencipta. Selain beribadah, moment ini jug dimanfaatkan untuk melaksanakan berbagai tradisi turun temurun yang sudah berlangsung selama puluhan hingga ratusan tahun.

Tahun baru islam disambut penuh suka cita oleh seluruh umat islam tidak terkecuali dengan anak anak sekolah. selain perayaan budaya daerah, tahun baru islam juga dimeriahkan di sekolah sekolah. Biasanya sekolah akan menggelar kegiatan sosial menarik untuk memperingati tahun baru islam. 

Kegitan sosial di sekolah mampu mengajarkan anak anak bagiaman cara berbagi ke sesame umat muslim serta saling mendekatkan diri dengan anak anak lain serta guru.

BACA JUGA:Peristiwa Menarik di Hari Asyura Berdasarkan Kisah Para Nabi

Perayaan tahun baru silam di sekolah bisa menjadi moment refleksi anak untuk mengingat apa saja yang telah dilakukan selama setahun bulan silam terakir dan memperbaiki diri menjadi anak yang lebih baik di tahun yang akan datang. 

Berikut ini 8 Rekomendasi kegiatan hari Muharron yang bisa dilakukan di sekolah : 

 

1. Pembagian Nasi Berkat

Membagikan nasi berkat atau makanan kepada yang kurang mampu. Kegiatan ini bisa melibatkan seluruh siswa dan guru dalam mempersiapkan dan mendistribusikan makanan. Tujuannya adalah untuk menanamkan nilai-nilai kepedulian dan kebersamaan.

2. Pameran Poster Muharram

Mengajak siswa membuat poster tentang nilai-nilai dan sejarah Muharram, kemudian memamerkannya di sekolah agar dilihat oleh seluruh siswa. Pameran ini bisa menjadi media edukasi yang menarik dan informatif tentang bulan Muharram.

3. Pawai Muharram

Mengadakan pawai dengan tema Muharram untuk menumbuhkan semangat keislaman di lingkungan sekolah. Siswa bisa memakai pakaian tradisional atau kostum yang berkaitan dengan sejarah Islam. Pawai ini bisa dilengkapi dengan berbagai atraksi seni dan budaya Islami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: