Cegah Ular Masuk ke Rumah Sat Musim Hujan, Gunakan Bahan Dapur ini

Cegah Ular Masuk ke Rumah Sat Musim Hujan, Gunakan Bahan Dapur ini

Ular di Rumah--

 

 

 

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Ular menjadi salah satu binatang liar yang sering masuk ke lingkungan rumah, sehingga penting untuk mengetahui cara yang efektif untuk mengusir mereka. Di dunia ini, terdapat lebih dari 3.000 spesies Ular yang berbeda. Namun, dari jumlah tersebut, hanya sekitar 600 spesies yang berbisa dan sekitar 200 di antaranya dapat membahayakan atau melukai manusia.

 

Untuk menghadapi ancaman ini, penting untuk memiliki pengetahuan dasar tentang berbagai jenis ular dan faktor-faktor apa yang bisa mencegah mereka masuk ke dalam lingkungan rumah.

BACA JUGA:Lakukan Cara Ini Agar Ular gak Betah Tinggal di Rumah mu, Ular Auto Minggat

 

Meskipun begitu, satu hal yang pasti, menggunakan garam untuk mengusir ular bukanlah metode yang efektif. Hal ini karena ular memiliki kulit bersisik yang tidak terpengaruh oleh garam, yang umumnya efektif terhadap hewan-hewan berlendir.

 

Bahan Dapur yang Efektif Usir Ular Dari Dalam Rumah

 

Secara umum, ular memiliki indra penciuman yang sensitif terhadap aroma-aroma yang kuat. Mereka cenderung menghindari aroma-aroma tertentu yang kuat, sering kali berasal dari tumbuhan atau alam. Berikut ini rekomendasi produk rumah tangga yang mampu mengusir ular dari dalam rumah :

  1. Kayu Manis dan Cengkeh

 

Berbicara soal bumbu dapur, tentu gak asing sama bahan yang satu ini. Cengkeh dan Kayu manis punya wangi yang khas dan sangat harum. Selain memberikan efek harum pad masakan, Kayu manis dan cengkeh juga bisa digunakan untuk mengusir ular di dalam rumah.

 

Kamu bisa menggunakannya sebagai pengarum ruangan, atau mengubahnya menjadi cairan atau pewangi semprot. Jika kamu menemukan ular kamu bosa menyemprotkan cairan cengkeh tersebut ke tubuh ular atau menyemprotkannya di sarang ular. Namun, Jika kamu ingin menggunakan car aini ada baiknya untuk tetap berhati hati karena berinteraksi langsung dengan sang ular.  

 

2. Buah Jeruk, Lemon, dan Jeruk Nipis

 

Bukan Cuma enak dan menyegaran, buah citrus juga memiliki aroma khas yang membekas. Umunya wangi jeruk dan lemon kerap digunakan sebagai pengharum ruangan ataupun parfume. Tapi tahukan kamu jika ke3 buah ini dibenci oleh ular. Manusiasuka menggunakan wangi wanigan ini karena menyegarkan. Jeruk, lemon, dan jeruk nipis mengeluarkan aroma segar yang disukai manusia tetapi tidak disukai oleh ular. Aroma asam dari senyawa limonene yang dihasilkan.

 

Kamu bisa menjadikan ke3 buah citrus ini sebagai bahan pengusir ular. Caranya cukup mudah, gunakan kulit jeruk dengan menggosokkannya ke area yang mungkin dilewati oleh hama, termasuk ular, untuk mencegah mereka masuk ke dalam rumah. Kamu juga bisa menggunakan pengharum rumah bertemakan buah citrus di dalam rumah.

3. Bawang putih dan bawang merah

 

Lagi lagi soal wangi wanigan, Kandungan senyawa allicin pada bwang mampu menghasilkan aroma tajam yang dapat mengganggu indra penciuman ular. Tidak aneh jika bawang merah dan putih kerap digunakan sebagai bahan insektisida alami. Aromanya semakin kuat ketika bawang dipotong. Untuk mengusir hama-hama yang mengganggu rumah, bawang dapat diletakkan di sudut-sudut rumah, terutama di tempat-tempat yang biasanya tersembunyi.

4. Daun Kemangi

 

Adapun cara lain yang bisa dilakukan untuk mengusir ular adalah dengan menggunakan daun kemangi. Daun ini biasanya digunakan sebagai bumbu masakan dan juga efektif mengusir serangga seperti lalat dan nyamuk. Mengutip dari CEO Elite Patio Direct, Granger McCollough mencatat bahwa ular tidak suka dengan aroma daun kemangi.

 

Menanam kemangi di dalam rumah atau halaman bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mengusir ular. Kamu bisa menggunakan semprotan minyak esensial beraroma kemangi di area-area terbuka atau di bagian rumah yang berpotensi menjadi sarang ular.

5. Serai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: