Cuaca Buruk Tak Menentu, Padahal Musim Kemarau, Ini Alasannya...

Cuaca Buruk Tak Menentu, Padahal Musim Kemarau, Ini Alasannya...

Curah hujan tinggi dan sistem drainase yang buruk kembali menyebabkan Kabupaten Bekasi dilanda banjir. Salah satunya di Perumahan Puri Nirwana Residence, Karang Bahagia, Kabupaten Bekasi. --karawangbekasi.disway.id

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID - Dalam beberapa hari terakhir, hujan terus mengguyur di sejumlah wilayah di Jabodetabek termasuk di Kabupaten Bekasi. Padahal, Juli merupakan musim kemarau. Lantas mengapa hujan masih saja terjadi?

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis, puncak musim kemarau di sebagian besar wilayah Indonesia terjadi di Bulan Juli dan Agustus 2024.

Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Guswanto mengatakan meskipun sudah masuk musim kemarau, namun bukan berarti tidak turun hujan sama sekali. Hanya saja intensitas curah hujan di bawah 50 mm/dasarian.

"Betul sebagian besar wilayah Indonesia terjadi di bulan Juli dan Agustus 2024 yaitu sebanyak 77,27%, dimana 63,95% durasi musim kemarau diprediksi terjadi selama 3 hingga 15 dasarian. Meski demikian bukan berarti dalam periode kemarau tidak ada hujan sama sekali, tetapi ada hujan meski kisaran di bawah 50 mm / dasariannya" kata Guswanto dikutip dari laman resmi BMKG. ***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: