5 Tips Melatih Anak Kelas 1 SD Lancar Berhitung, Orang Tua Harus Tahu Ini

5 Tips Melatih Anak Kelas 1 SD Lancar Berhitung, Orang Tua Harus Tahu Ini

Tips siswa lancar berhitung--picture by edukasi.sindonews.com

Menghitung adalah salah satu keterampilan yang wajib dikuasi oleh semua orang. Baik itu dari tingkat SD, SMP, SMA, bahkan kuliah. 

Menghitung adalah suatu hal yang wajib dikuasasi oleh semua dan tidak memandang seberapa tingkatan mereka di dunia pendidikan. Maksudnya, dalam kehidupan sehari-hari kita pasti akan menggunakan hitungan tersebut. 

Hal dasar misalnya kita membeli produk tertentu yang menggunakan uang, maka dari itu setiap orang minimal mengerti konsep dasar dari matematika. 

Ketika kita menganggap bahwa matematika tidaklah penting, itu sangatlah salah. Matematika bukan sekedar rumus saja, tetapi bermanfaat dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan demikian, melatih anak sedari kecil untuk bisa berhitung adalah hal dasar yang harus dilakukan. Artikel kali ini akan memberikan beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengajar siswa kelas I SD agar gemar berhitung. Penasaran kan, yuk kita simak selengkapnya di bawah ini. 

BACA JUGA:5 Tips Ampuh Membuat Anak Kelas 1 SD agar Rajin Sekolah Tanpa Bermalas-malasan

Tips melatih anak kelas I SD agar lancar berhitung sebagai berikut. 

1. Latih Kemampuan Berhitung Dasar Secara Rutin

Latih siswa kelas 1 SD untuk menguasai kemampuan berhitung dasar seperti penjumlahan dan pengurangan bilangan 1-20 secara rutin. Hal ini akan membantu mereka memiliki fondasi yang kuat dalam berhitung.

2. Gunakan Metode Mencongak

Metode mencongak atau berhitung di luar kepala dapat membantu siswa kelas 1 SD menjadi mahir dalam berhitung. Metode ini melatih kemampuan berhitung cepat dan akurat tanpa alat bantu.

BACA JUGA:5 Tips Rahasia Membangkitkan Semangat Belajar yang Harus Kamu Tahu

3. Ciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan

Buat proses belajar berhitung menjadi menyenangkan bagi siswa kelas 1 SD. Gunakan alat peraga, permainan, dan metode yang interaktif agar mereka antusias dalam belajar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: