Tidak Kalah Penting, Ini Lho Manfaat Biji Labu Siam Yang Bisa Jadi Sumber Protein

Tidak Kalah Penting, Ini Lho Manfaat Biji Labu Siam Yang Bisa Jadi Sumber Protein

Tidak Kalah Penting, Ini Lho Manfaat Biji Labu Siam Yang Bisa Jadi Sumber Protein--Merdeka.com

Biji labu siam atau dengan nama ilmiah Sechium edule, seperti bagian lainnya dari tanaman ini, juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Labu siam sendiri banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, baik diolah menjadi menu makan yang digoreng, direbus, dan masih banyak lagi. Selain labu siam yang bagus untuk pencernaan, ternyata biji dari labu siam ini sendiri memiliki banyak sekali manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat utama Biji labu siam:

 

Manfaat Biji Labu Siam

1. Kaya Nutrisi: Biji labu siam mengandung berbagai nutrisi penting yang baik untuk tubuh termasuk protein, serat, vitamin B, dan mineral seperti magnesium, kalium, dan fosfor.

2. Sumber Protein: Biji labu siam juga ternyata mengandung protein yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh, serta fungsi enzim dan hormon. Hal ini sangat baik untuj dikonsumsi setiap hari.

3. Kaya Serat: Selain labu siam yang mengandung banyak serat dan bagus untuk pencernaan, biji dari labu siam juga mengandung kandungan serat. Kandungan serat dalam biji labu siam membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dengan mencegah sembelit dan meningkatkan pergerakan usus yang teratur. Serat juga membantu mengontrol kadar gula darah dan menurunkan kolesterol.

4. Mengandung Antioksidan: Biji labu siam mengandung senyawa antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat mengurangi risiko penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung: Magnesium dan kalium dalam biji labu siam membantu menjaga tekanan darah tetap normal dan mendukung fungsi jantung yang sehat. Serat juga berperan dalam mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

 

Baca juga: Manfaat biji bunga matahari Ternyata Bagus Untuk Jantung!

 

6.Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh: Nutrisi dalam biji labu siam, termasuk vitamin B dan mineral, mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

7. Mengatur Gula Darah: Serat dalam biji labu siam membantu mengontrol kadar gula darah dengan memperlambat penyerapan gula dalam darah, yang sangat bermanfaat bagi penderita diabetes atau mereka yang berisiko mengalami diabetes.

8. Meningkatkan Kesehatan Tulang: Kandungan magnesium, fosfor, dan kalsium dalam biji labu siam penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Nutrisi ini membantu dalam pembentukan dan pemeliharaan tulang yang kuat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: