8 Penyebab Terjadinya Dehidrasi Ini Jangan Disepelekan!

8 Penyebab Terjadinya Dehidrasi Ini Jangan Disepelekan!

8 Penyebab Terjadinya Dehidrasi Ini Jangan Disepelekan!--Kompas health

 

Dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang dikonsumsi, sehingga tidak memiliki cukup air untuk menjalankan fungsi normalnya. Jika kondisi tersebut dibiarkan akan mengakibatkan terjdinya hal-hal fatal dalam tubuh. Mulai dari tubuh yang mudah lelah, kulit menjadi pucat, bahkan penyakit struk. Berikut adalah beberapa penyebab umum Dehidrasi:

1. Kurangnya Asupan Cairan: Tidak minum cukup air adalah penyebab paling umum dehidrasi. Hal ini bisa terjadi karena lupa, kesibukan, atau tidak merasa haus. Minumlah sehari sebanyak 2 liter air putih. Jika kalian belum terbiasa kalian dapat memulainya dengan membiasakan minum 1 gelas sebelum makan dan 1 gelas sesudah makan.

2. Cuaca Panas: Suhu yang tinggi dan kelembaban rendah meningkatkan keringat dan kehilangan cairan tubuh. Bagi kalian yang berada di daerah Karawang dan Jadetabek tentu suhu panas yang terjadi akan membuat tubuh menjadi semakin cepat haus. Hal tersebut akan membuat kalian merasa untuk meminum lebih banyak air untuk membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

3. Aktivitas Fisik: Olahraga atau aktivitas fisik yang intens menyebabkan tubuh berkeringat lebih banyak dan kehilangan cairan lebih cepat. Jika kalian senang berolahraga maka jangan lupa untuk membawa tumbler yang berisi air minum. Dengan keluarnya keringat dalam tubuh membuat cairan dalam tubuh menjadi berkurang. Oleh karena itu kalian harus menggantinya dengan mengonsumsi minuman untuk mengembalikan cairan yang keluar dari tubuh.

 

Baca juga: 6 Tips Mudah Cara Mengatasi Dehidrasi

 

4. Penyakit: Kondisi seperti diare, muntah, demam, dan infeksi dapat menyebabkan kehilangan cairan yang signifikan. Oleh karena itu, biasanya dokter akan menyarankan untuk mengonsumsi cairan yang lebih banyak.

5. Diuretik: Konsumsi alkohol, kafein, atau obat diuretik meningkatkan produksi urine dan mengakibatkan lebih banyak cairan yang hilang dari tubuh.

6. Gangguan Medis: Penyakit tertentu seperti diabetes, penyakit ginjal, dan gangguan hormon dapat menyebabkan dehidrasi. Hal tersebut, menjadikan orang yang menderita penyakit tersebut untuk mengonsumsi cairan yang lebih banyak lagi.

7. Makanan dan Minuman: Mengonsumsi makanan atau minuman yang tinggi garam atau gula dapat menarik air keluar dari sel-sel tubuh, sehingga mempercepat dehidrasi. Ketika tubuh lebih banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak gula, tubuh secara tidak langsung akan memberikan sinyal untuk mengonsumsi air minum lebih banyak.

8. Kurangnya Kesadaran: Anak-anak dan lansia sering kali tidak menyadari bahwa mereka membutuhkan lebih banyak cairan atau tidak dapat mengkomunikasikan kebutuhan mereka dengan baik. Oleh karena itu, sangat perlu diberikan informasi mengenai pentingnya untuk meminum air 2 liter perhari.

Memahami penyebab dehidrasi dapat membantu dalam pencegahan dan penanganan yang lebih baik. Selalu pastikan untuk meminum cukup air dan memperhatikan tanda-tanda awal dehidrasi seperti rasa haus, mulut kering, dan urine berwarna gelap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: